Berita Wisata

Untuk mendengarkan! 18 Larangan Yang Harus Dipatuhi Wisatawan di Taman Nasional Komodo

Mangarai Barat

Taman Nasional Komodo (TN) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi favorit untuk berwisata. Wisatawan domestik dan mancanegara. Ada 12 destinasi wisata utama yang tersedia di Taman Nasional Komodo, belum lagi puluhan spot diving.

Di sana, wisatawan bisa melihat komodo dari dekat, menikmati panorama alam dengan gugusan perbukitan yang eksotis mengelilinginya, hamparan pasir merah jambu dan laut biru. Begitu juga sejumlah tempat wisata bahari. Yang menawarkan tempat terbaik untuk menyelam dan snorkeling. Dengan pemandangan bawah laut yang indah.

Memasuki kawasan Taman Nasional Komodo, wisatawan tidak bisa seenaknya. Banyak larangan yang harus diperhatikan. Ada sanksi bagi wisatawan yang melanggar aturan.

Di Taman Nasional Komodo, wisatawan dilarang memberi makan hewan yang menghuni kawasan tersebut. Larangan itu diterapkan untuk mencegah perubahan perilaku hewan di sana.

“Misalnya komodo diberi makan, lama kelamaan tidak mau berburu mangsanya lagi,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Taman Nasional Komodo Dwi Putro Sugiarto, Minggu 13/11/2022. ).

Berikut sejumlah pantangan yang harus dipatuhi wisatawan selama berada di Taman Nasional Komodo:

1. Menyentuh dan/atau berada terlalu dekat dengan satwa baik di wilayah darat maupun perairan di objek wisata alam di kawasan Taman Nasional Komodo

2. Trekking di luar time entry yang diberlakukan di kawasan Taman Nasional Komodo.

3. Melakukan kegiatan penyelaman tanpa sertifikasi selam di lokasi penyelaman Taman Nasional Komodo

4. Meninggalkan sampah dalam bentuk apapun di kawasan Taman Nasional Komodo

5. Mengoperasikan drone di kawasan Taman Nasional Komodo tanpa izin dari instansi yang berwenang

Pelajari lebih lanjut di halaman berikutnya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button