Berita Wisata

Sandiaga Uno Undang Delegasi B20 ke Bali ke Destinasi Super Prioritas

TEMPO.CO, Jakarta – Kedatangan delegasi KTT atau KTT G20 berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bali. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Lun mempersilakan delegasi singgah ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia, khususnya Bali.

Dalam forum Bussiness atau B20, Sandiaga mengatakan telah mengajukan permintaan dan penawaran kepada delegasi B20 untuk menambah minimal satu minggu lagi kunjungan ke Pulau Bali. “Saya sampaikan tolong tambah kunjungan seminggu, toh kita jauh-jauh datang ke sini (Bali),” ujarnya pada peresmian Gedung Pascasarjana I Gede Ardika Poltekpar Bali di Kabupaten Badung, Minggu, 13 November 2022.

Menurut Sandiaga, Bali memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Tidak hanya di Bali Selatan, tetapi juga di Bali Utara.

Wilayah Bali Selatan meliputi sekitar Kuta, Legian, Tuban, Nusa Dua, Tanjung Benoa, Ungasan, Jimbaran dan Uluwatu. Kawasan yang terkenal dengan wisata pantainya ini bisa dibilang lebih banyak dikunjungi wisatawan karena dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Sedangkan Bali Utara meliputi sebagian Kabupaten Buleleng dengan ibu kota Singaraja. Kawasannya masih cukup asri dengan berbagai pesona alamnya, seperti danau, pantai dan air terjun.

“Kami mengusulkan ke B20 bahwa Bali bukan hanya Bali Selatan, tapi juga Bali Utara, Bali Timur dan beberapa destinasi lainnya di Bali,” kata Sandiaga.

Selain Bali, Sandiaga menawarkan delegasi untuk mengunjungi lima destinasi super prioritas. “Ada Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika dan Likupang. Jadi itu yang saya tawarkan dan mereka sepertinya tertarik,” ujarnya.

Belum lagi potensi wisata delapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia juga diusung Sandiaga. Hal ini juga dapat menciptakan peluang investasi melalui Forum B20.

“Untuk G20, kepala negara langsung pulang, tetapi teman-temannya tidak. Tim ‘hore’ mereka pasti masih tinggal di sini. Tim hore ini akan ditawari paket ke Bali dan tujuan lainnya,” kata Sandiaga.

Dalam forum yang sama, Sandiaga juga mengingatkan para delegasi untuk menanam 64 pohon bakau per orang. Perkebunan harus “membayar” jejak karbon yang dihasilkan selama perjalanan ke Bali dengan pesawat.

“Saya ingatkan (peserta forum B20) harus menanam lebih dari 64 pohon karena ini berdasarkan hitungan. kalkulator jejak karbon. Menerbangkan dari negara yang jauh wajib untuk 64 pohon, meski saat ini masih menjadi pilihan,” kata Sandiaga. Rombongan bisa memilih menanam pohon bakau di Taman Nasional Bali Barat, Taman Hutan Raya Ngurah Rai dan beberapa tempat lainnya.

Forum B20 merupakan bagian dari rangkaian KTT G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022. Selama acara ini, ribuan delegasi akan hadir di Bali.

Baca juga: Artwork di Bandara Ngurah Rai dan Penjor Siap Sambut Delegasi KTT G20

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button