Tempat Wisata

Pulau Bidadari Labuan Bajo – Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat dan Biaya Tour

Biaya Tur: Mulai dari Rp100.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; map: Periksa lokasi

Ada berbagai jenis pulau yang bisa dikunjungi saat kita berlibur atau berencana mencari tempat bersantai. Diantara semua pulau yang ada di Indonesia, ada satu pulau yang namanya belum terlalu terkenal, yaitu Pulau Bidadari yang terletak di Labuan Bajo.

Padahal, pulau yang satu ini tidak kalah menarik dan menawan dibandingkan dengan beberapa pulau lain yang lebih terkenal. Karena pulau ini juga menyuguhkan berbagai macam keindahan yang bisa membuat orang lain betah berlama-lama di tempat ini.

Tentunya semua keindahan ini bisa dilestarikan karena yang peduli dengan Pulau Bidadari, Manggarai Barat sangat peduli. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke pulau ini harus dapat mengikuti segala aturan yang ada di dalamnya agar dapat lebih menikmati tempat wisata tersebut.

Daya Tarik Pulau Bidadari

Pulau Bidadari termasuk objek wisataKredit: Instagram jesslyn

Seperti pulau terkenal lainnya, Pulau Bidadari menawarkan berbagai atraksi menarik. Hal ini membuat wisatawan yang ingin mengunjunginya tertarik untuk menjelajahi setiap sudut tempat wisata ini. Berikut adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda temukan saat berkunjung:

1. Air laut biru jernih

Daya tarik pertama pulau eksotis di Labuan Bajo ini tentu saja air lautnya yang sangat indah. Air di pulau ini terdiri dari berbagai warna yang sangat memanjakan mata. Warnanya biru-hijau, yang memiliki efek berkilau, terutama saat terkena sinar matahari.

Tidak hanya warnanya yang menarik, airnya juga sangat jernih dan dijamin bebas dari kotoran apapun. Pengunjung yang sepi membuat pulau ini sangat bersih, sehingga makhluk yang hidup di bawah laut juga menikmati tempat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ikan-ikan kecil yang hidup di sini dan berenang hilir mudik.

2. Sejarah nama yang menarik

Membicarakan pulau ini tidak lepas dari sejarah penamaannya yang begitu menarik dan unik. Awalnya, berdasarkan sejarah yang dianut masyarakat setempat, pulau ini hanya diberi nama sederhana, yaitu Pulau Bajo. Namun ternyata di sekitar pulau tersebut juga terdapat pulau lain yang tak kalah indahnya, yaitu Pulau Bidara.

Lambat laun, kedua pulau tersebut dianggap sebagai satu kesatuan pulau yang sama, sehingga namanya diubah menjadi Pulau Bidadari. Selain fakta sejarah, ternyata ada juga cerita mistis yang ikut menyelimuti pulau ini. Namun, di pulau ini sering terlihat sosok-sosok misterius yang hanya muncul pada waktu-waktu tertentu.

Sosok misterius tersebut konon berwujud wanita yang sangat cantik dan cantik. Sosok perempuan misterius tersebut menjadikan pulau ini sebagai pulau bidadari karena kecantikannya yang hampir menyerupai sosok bidadari. Selain itu, karakter tersebut diharapkan muncul karena pulau ini memang sangat tenang dan sunyi.

3. Suasana di sekitar pantai sangat damai

Suasana di pulau ini terlihat begitu damai dan tenang. Bahkan, suasana di tempat ini begitu tenang sehingga banyak yang mengaitkan keberadaannya dengan keberadaan makhluk astral yang tidak terlihat.

Namun, suasana ini menjadi salah satu alasan utama mengapa mengunjungi pulau ini bisa memberikan perasaan yang berbeda dari biasanya. Jika Anda merasa lelah dengan kehidupan lokal yang tidak kunjung hilang, maka mengunjungi pulau ini sambil bersantai bisa menjadi aktivitas yang sangat cocok.

4. Tidak dihuni oleh komodo

Atraksi Pulau BidadariSumber gambar: Twitter Perjalanan Alex

Karena terletak di Nusa Tenggara Timur, mungkin masih banyak orang yang ragu untuk berkunjung karena provinsi ini memang identik dengan komodo. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pulau ini sama sekali tidak dihuni oleh komodo.

Sebaliknya, pulau ini dihuni oleh banyak hewan kecil yang sangat tenang dan ikan yang hanya ada di air. Oleh karena itu, jika anda ingin mengunjungi tempat ini, anda dapat merasakan rasa aman yang sangat tinggi dan tidak perlu khawatir dengan bahaya lain yang tidak diinginkan.

5. Salah satu pulau terindah di Flores Barat

Tak bisa dipungkiri, Pulau Bidadari menawarkan pemandangan yang sangat indah. Bahkan, keindahannya menjadikan pulau ini salah satu pulau terindah di Flores Barat.

Karena wilayahnya yang relatif sepi, pulau ini cocok untuk dijelajahi bersama orang-orang terdekat dan merasakan keindahan yang ada di dalamnya. Anda pasti tidak akan bosan melihat betapa elegannya pulau ini.

6. Pasir lembut

Selain pemandangannya yang indah, pasir di sekitar pantai juga sangat lembut. Pasirnya saat dipegang dengan tangan terasa begitu halus dan tidak akan melukai kulit saat kita berjalan tanpa alas kaki.

Pasir putihnya terlihat sangat bagus dari atas. Bentuknya yang tidak terlalu kasar juga menjadi alasan yang tepat mengapa Anda harus bermain pasir dengan anak Anda di tempat ini.

7. Pohon rindang

Terakhir, pulau ini dikelilingi pepohonan rindang. Meski pepohonannya tidak sepadat pepohonan di pantai lain, namun pepohonan di lokasi ini bisa melindungi pengunjung dari teriknya sinar matahari.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau BidadariKredit foto: Facebook Visit Indonesia

Pulau Bidadari terletak di Labuan Bajo, sebuah daerah yang masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Manggarai Barat. Pulau di sebelah timur Nusa Tenggara ini sering dilupakan karena popularitasnya tertinggal jauh dari Taman Nasional Komodo, juga di provinsi tersebut.

Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa berangkat dari pusat kawasan Labuan Bajo. Setelah itu, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk langsung menuju lokasi pulau. Karena akses menuju pulau ini hanya bisa dilalui dengan transportasi laut.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya perjalanan ke Pulau BidadariKredit foto: Instagram Sumba Ocean Phinisi

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pulau Bidadari, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mengunjunginya. Karena pulau ini bisa dimasuki tanpa tiket, sehingga pengunjung bisa mengunjunginya tanpa terkendala biaya yang berlebihan.

Namun, Anda mungkin harus memikirkan biaya transportasi yang harus Anda keluarkan untuk sampai ke pulau ini. Jika Anda dari kota besar, biaya tiket pesawat berbayar sekitar 500.000 rupiah. Selain pesawat, Anda juga perlu menyewa perahu nelayan yang biayanya sekitar 100.000 rupiah.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Bidadari

Aktivitas seru di Pulau BidadariKredit foto: Facebook Ipang FLorez

1. Berenang

Banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Bidadari, salah satunya adalah berenang. Air laut di sekitar pantai tidak terlalu dalam, sehingga bisa digunakan untuk berenang beberapa lama.

Tetap saja, Anda perlu waspada terhadap lingkungan sekitar agar tidak perlu berenang terlalu jauh. Berenang di tempat ini juga bisa membuat badan jauh lebih segar dari sebelumnya, jadi pastikan Anda membawa perlengkapan renang yang lengkap sebelum memutuskan untuk mengunjungi pulau ini.

2. Ambil foto

Anda juga dapat mengambil foto di titik ini. Pulau ini memiliki banyak spot foto dan bisa membuat siapa saja bertanya-tanya dan tertarik untuk menjadikannya sebagai background untuk pemotretan. Selain itu, jika sore hari, Anda bisa menyaksikan fenomena matahari yang menarik.

Matahari dapat terlihat dengan jelas saat terbenam atau terbit. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada siang atau sore hari, sebelum matahari benar-benar hilang. Potret yang Anda terima pasti akan terlihat sangat menakjubkan.

Tidak hanya itu, pulau cantik ini juga sangat cocok dijadikan sebagai background foto sebelum pernikahan. Tentunya berfoto bersama pasangan merupakan impian banyak orang, apalagi dibarengi dengan background yang indah dan eye catching, maka akan lebih baik jika nama pulau ini dimasukkan ke dalam salah satu daftar pulau yang wajib dikunjungi.

3. Bersantai

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan suasana Pulau Bidadari Labuan Bajo yang tenang dan damai sebagai tempat duduk dan bersantai. Anda dapat membuka gulungan tikar yang sudah ada saat Anda duduk dan menikmati angin sepoi-sepoi menyentuh wajah Anda dari sisi yang berbeda.

Karena suasananya yang hening, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat rekreasi keluarga. Anak-anak pasti menyukai suasana tenang yang ditawarkan tempat ini dan mereka bisa bermain dengan bebas selama berada di tempat ini.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau BidadariKredit foto: Google Maps Iain Laslett

1. Seaesta Komodo Hostel & Hotel

The Seaesta Komodo Hostel & Hotel dapat dipilih sebagai akomodasi. Penginapan ini mampu memberikan pengunjungnya perasaan pemandangan laut yang menarik dari dalam hotel. Peralatannya juga berkualitas sangat tinggi.

2. Hotel koleksi lokal

Untuk hotel yang satu ini harganya cukup mahal yaitu sekitar 1 jutaan lebih. Namun harga tersebut tentunya sesuai dengan kualitas yang ditawarkan oleh pengelola hotel di sini. Jarak penginapan ini dengan pulau Bidadari cukup dekat dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

3. Resor ramah lingkungan Pulau Malaikat

Penginapan ini terletak sangat dekat dengan kawasan pantai yang hanya berjarak sekitar 80 meter. Ada beberapa fasilitas di hotel ini seperti WiFi gratis dan sarapan yang disediakan oleh hotel. Selain itu, penginapan ini juga cocok untuk sharing dengan anak-anak.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di kawasan Pulau BidadariKredit foto: Instagram Digi View

Jika ingin berkunjung ke pulau Bidadari tidak perlu bingung karena fasilitas yang tersedia di pulau ini cukup lengkap untuk sebuah pulau yang kurang dikenal. Beberapa fasilitas tersebut antara lain toilet, perahu, restoran, dan lain-lain.

Restoran di tempat ini sudah lama dikenal dengan menu-menunya yang bisa memuaskan lidah pengunjung. Meski harga yang berlaku di restoran-restoran ini berbeda dengan restoran biasa, hal ini tentu wajar.

Jika ingin menggunakan fasilitas perahu, pengunjung perlu mengeluarkan uang tertentu sebelum menggunakannya. Pada umumnya harga yang harus dibayar untuk menyewa perahu tidak terlalu mahal dan Anda tetap bisa berkeliling laut dengan tenang bersama penyedia perahu.

Itulah informasi tentang Pulau Bidadari di Labuan Bajo yang bisa anda ketahui jika anda tertarik mengunjungi pulau eksotik ini. Tidak hanya cantik, pulau ini bisa membuat Anda merasakan keindahan dunia yang menakjubkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button