Berita Wisata

Terkait abrasi pantai Susoh Abdya, anggota DPRA Irfannusir meminta BWS Sumatera I menyiapkan DED

Memang, abrasi di sepanjang pantai di dua desa di Kecamatan Susoh, Abdya, semakin parah.

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Irfannusir Rasman SE, SAg, MIKom, meminta Dinas Wilayah Sungai Sumatera I segera menyiapkan Detailed Engineering Design (DED) terkait pengelolaan abrasi Pantai di sepanjang Gampong Palak Kerambil di Panjang Baru, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya).

Memang, abrasi di sepanjang pantai di dua desa di Kecamatan Susoh, Abdya, semakin parah.

Bahkan ada rumah warga di pinggir pantai yang sudah rusak akibat air pasang atau pasang. Sedangkan untuk membangun safety cliff, terlebih dahulu harus disiapkan DEDnya.

“Tadi kami bertemu dengan Pj Bupati Abdya dan dia menyebutkan masalah tebing keamanan belum dibangun karena tidak ada DED.

Oleh karena itu, kami meminta Sapu untuk segera menyiapkan DED. Hal ini sejalan dengan kesepakatan dengan Pj Bupati Abdya dalam rapat beberapa waktu lalu,” kata Irfannusir kepada Serambinews.com, Senin (19/9/2022).

Pj Bupati Abdya Darmansah dan Presiden DPRK Nurdianto melakukan pertemuan dengan Kepala Daerah Sungai Sumatera 1 Heru Setiawan di Banda Aceh, Jumat (2/9/2022)Pj Bupati Abdya Darmansah dan Presiden DPRK Nurdianto menggelar pertemuan dengan Kepala Daerah Sungai Sumatera 1 Heru Setiawan di Banda Aceh, Jumat (2/9/2022) (UNTUK SERAMBINEWS.COM)

Baca Juga: Abdya Pantai Susoh Dahsyat, Pj Bupati dan DPRK Abdya Temui Balai

Sebab, lanjut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, jika tidak segera diselesaikan, dikhawatirkan rumah-rumah di sepanjang pantai akan tergerus abrasi total.

“Jika proses pengajuan DED memakan waktu lama, akan berakibat fatal bagi masyarakat sekitar pantai,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, abrasi pantai di sepanjang Gampong Palak Kerambil hingga Panjang Baru, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus mengamuk.

Source: aceh.tribunnews.com

Related Articles

Back to top button