Berita Wisata

Sirkuit Mandalika, Bukit Rawan Kriminal Jadi Pusat Ekonomi Kerakyatan

KUTA, KOMPAS.com – Efek dari event Mandalika World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berlangsung pada 11-13 November 2022, langsung dirasakan masyarakat sekitar.

Kehadiran acara organisasi internasional seperti WSBK menjadi ladang penghidupan potensial yang mengangkat ekonomi kerakyatan.

Hal itu diungkapkan Amirudin, warga kabupaten yang merasakan langsung dampak ekonomi dari sirkuit yang diresmikan pada 12 November 2021 itu.

Dia mengatakan, sebelum sirkuit dibangun, tempat itu dikenal sebagai zona mati.

Area sirkuit kini menjadi hamparan perbukitan gersang yang panas di dekat laut. Selain itu, kawasan ini juga dikenal sebagai TKP.

“Karena sebelumnya di sini zona tenang, zona mati, secara geografis bergunung-gunung,” kata Amirudin Kompas.com.

Baca Juga: Sentuhan Ironi di Balik Kemeriahan Ajang Balap Dunia di Mandalika

“Pekerjaan orang di sini tidak pasti, asal menghasilkan. Dulu, daerah Lombok Barat ini dikenal sebagai sumber kejahatan.”

“Tapi sekarang alhamdulillah sudah berubah 100%,” imbuhnya.

Pemerintah Indonesia memang telah memberikan dukungan penuh kepada sirkuit Mandalika sehingga menjadi salah satu ikon dunia balap roda dua.

Dalam pembangunannya, sirkuit yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok ini juga dilengkapi infrastruktur akses yang memadai.

Jalan itu dibangun melewati yang langsung menghubungkan Bandara Internasional Lombok ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Baca juga: BERITA FOTO: Potret perjuangan Alvaro Bautista menjadi juara dunia di Mandalika

Ketersediaan akses yang memadai kemudian menjadi landasan yang menciptakan titik ekonomi baru yang sebelumnya tidak dapat diakses. Dengan demikian, terbuka banyak peluang bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf ekonominya.

“Artinya, para penganggur punya tempat untuk bekerja. Setidaknya mereka yang tidak memiliki gelar digunakan sebagai Keamanankarena sekarang setiap hotel memilikinya Keamanankata Amirudin, 45 tahun.

“Ada juga banyak warga lokal yang dipekerjakan sebagai anggota komite atau sukarelawan. Karena yang diprioritaskan adalah lokasi khusus untuk acara ini,” ujarnya.

Sejumlah satpam sirkuit bertugas selama World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Sejumlah satpam sirkuit berjaga selama World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (13/11/2022) sore.

Tidak berhenti disitu, tersedianya infrastruktur yang memadai juga mengubah wajah desa Kuta.

Kawasan perbukitan yang dulu gersang ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menyaksikan sunset di pulau Lombok.

“Bisa dibilang tempat wisata juga tempat ini, bukan sekedar sirkuit. Di belakang sirkuit ada pantai dan gunung, sore hari banyak yang ke sana,” kata Amirudin.

Hal ini memberikan lebih banyak pilihan bagi masyarakat lokal untuk mencari penghasilan dari sektor pariwisata.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button