Tempat Wisata

Curup Kedaton, air terjun yang indah dengan suasana alam yang asri dalam perjalanan menuju Kanan

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: Curup Kedaton WIB, Alamat: Kedaton, Kec. Kasui, Kab.Way Kanan, Lampung; map: pemeriksaan situs

Mendengar nama Curup Kedaton, mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya karena masih asing. Ini adalah tempat wisata di Lampung, tepat di Way Kanan. Lebih dikenal dengan nama Curup Cangkah Kidau, air terjun ini memiliki pesona yang luar biasa dan tidak kalah dengan tempat lain.

Way Kanan merupakan salah satu kabupaten yang menawarkan berbagai jenis wisata alam. Hal ini tidak lain karena letak geografisnya yang sebagian besar didominasi oleh pegunungan. Mengunjungi daerah ini tidak pernah membosankan karena Anda dapat beralih dari satu tur ke tur lainnya tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Utara yang berjuluk 100 air terjun. Bagaimana tidak, hampir semua kecamatan di daerah ini memiliki air terjun atau biasa disebut curug. Masing-masing memiliki pesona uniknya sendiri, sebagian besar karena keindahan alamnya yang menakjubkan.

Daya Tarik Curup Kedaton

Atraksi Curup KedatonSumber gambar: Twitter Azwar Anas

Nama Curup Kedaton diambil dari letaknya yang berada di kawasan Kedaton. Setiap hari tidak pernah sepi pengunjung, apalagi jika tidak ingin menikmati pesona alamnya yang indah. Selain itu, masih banyak lagi tempat wisata yang perlu kamu ketahui, ini dia selengkapnya!

1. Pesona Curup Kedaton

Daya tarik pertama air terjun di Way Kanan ini tidak terlepas dari pesonanya yang indah. Dengan ketinggian sekitar 10 meter, curup ini memiliki dua anak tangga yang indah. Setiap anak tangga hampir sama tingginya. Jika dibagi dengan anak tangga, tingginya sekitar 5 meter.

Batu besar tempat air mengalir membuatnya terlihat semakin eksotis. Warna hitam tidak membuatnya sembunyi, malah terlihat bangga karena beberapa bagian tidak mau membiarkan air mengalir. Pada bagian dinding terdapat guratan alami yang berukuran besar agar terlihat semakin cantik.

2. Sungai yang kuat dan kolam besar

Curup Kedaton memiliki luas yang cukup mengagumkan, seperti air terjun di kecamatan yang sama. Lebar diperkirakan sekitar 15 meter, tersebar merata di seluruh bagian hulu. Pesonanya indah dengan aliran air yang deras, semakin deras di musim hujan.

Tak jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun cantik ini juga memiliki kolam sebagai tempat penampungan air. Karena merupakan air terjun yang luas, kolam ini juga terbentang luas. Tidak terlalu dalam sehingga pengunjung tetap bisa bermain air dengan aman. Namun ada yang harus diperhatikan yaitu arus air yang cukup kencang.

3. Suasana alam yang asri

Daya tarik Curup Kedaton selanjutnya adalah di sekitarnya. Berada di perbukitan sehingga suasananya masih alami namun asri. Selama perjalanan, wisatawan dimanjakan dengan panorama alam yang hijau. Warna ini didapat dari perkebunan dan persawahan warga, serta dari hijaunya vegetasi hutan.

Sesampainya di lokasi air terjun eksotis ini, Anda masih disuguhi pemandangan hijau. Kali ini dari tumbuh-tumbuhan liar yang tumbuh subur disekitarnya. Pepohonan yang lebat membuat sebagian besar wisatawan enggan beranjak, meski terkadang dingin menyapa mereka. Panorama alam yang indah ini sering mereka gunakan untuk berburu spot foto yang indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curup KedatonKredit Foto: Facebook Nau Zah Tour & Travel

Meski lokasinya berada di pedesaan, menuju Curup Kedaton tidaklah sulit. Lokasinya strategis dan mudah ditemukan, Anda tinggal menuju Desa Kedaton, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Jika menempuh jarak dari pusat kota, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer.

Cukup jauh, karena jaraknya biasanya memakan waktu 1 jam 30 menit. Namun Anda tidak perlu khawatir karena banyak panorama alam yang bisa Anda amati dalam perjalanan menuju lokasi. Dari pusat kota pergi dulu ke Jalan Jenderal Sudirman lalu ke Jalan Letjend Alamsyah.

Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Kasui dengan landmark utama SDN 3 Kasui yang terletak tidak jauh dari Masjid Al-Amin. Anda dapat menggunakan kantor BPJS sebagai titik referensi Anda selanjutnya dan kemudian melanjutkan perjalanan Anda ke Jalan Hi Ibrahim. Jika Anda mengikuti rambu atau peta digital Anda akan tiba setelah menempuh jarak sekitar 3 kilometer.

Tiket Masuk Curup Kedaton

Tiket Curup KedatonKredit foto: Google Maps Ujang Rozali

Jarak Curup Kedaton dengan tempat ini tidak terlalu jauh, cukup berjalan menyusuri sungai sebentar saja. Dulu, tentunya Anda harus membayar tiket masuk. Tidak terlalu mahal, hanya 5.000 rupiah per orang dan Anda sudah bisa menikmati segala pesona alam dan beraktivitas di dalamnya.

Biaya tambahan hanya untuk parkir kendaraan, harganya masih standar untuk tempat wisata pada umumnya. Bagi yang membawa mobil, siapkan biaya sewa tempat parkir sebesar 5.000 rupiah, sedangkan motor seharga 2.000 rupiah. Jam operasional yang berlaku di Curup sebenarnya 24 jam, namun tidak disarankan datang setelah sore hari.

Aktivitas menarik di Curup Kedaton

Kegiatan Curup KedatonKredit foto: Facebook Disporabudpar Way Kanan

Ada banyak cara untuk menikmati liburan Anda tergantung ke mana Anda bepergian. Curup Kedaton tidak lain adalah sebuah air terjun dengan pesona alamnya yang indah. Tentu saja banyak yang bisa dilakukan dari segi aktivitas yang termasuk di dalamnya, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Berenang dan bermain air

Tentunya jika melihat air terjun dan berniat bermain di air, itu sangat wajar. Anda juga akan demikian jika mengunjungi air terjun ini dengan cara yang benar. Siapa yang tahan dengan kesegaran air yang mengalir di depan matanya. Siapapun yang mau pengunjung langsung tersungkur dan basah kuyup.

Jika ingin berenang bisa menuju kolam di bawah air terjun terakhir. Tidak terlalu dalam untuk orang dewasa tetapi pastikan Anda adalah perenang yang ahli. Jika tidak, maka Anda harus bermain di air di tepi sungai menggunakan bau sebagai pendukung. Anda juga bisa pergi ke anak tangga jika aliran air tidak terlalu deras saat itu.

2. Piknik santai

Kegiatan menarik lainnya di Curup Kedaton adalah piknik santai. Kegiatan ini akan semakin menarik jika Anda datang bersama anggota keluarga atau orang yang dianggap spesial. Jika takut kedinginan, tidak perlu basah-basahan, cukup menggelar tikar atau sejenisnya di samping air terjun cantik ini.

Karena fasilitas yang ada di sekitar masih minim, Anda dipersilakan membawa perbekalan sendiri dari rumah. Jika tidak, silakan beli dari stan di tempat parkir mobil, ada beberapa yang buka di sana setiap hari. Namun jika ingin sedikit cerewet dan hemat, ada baiknya persiapkan dari rumah sejak awal.

3. Nikmati keindahan alam

Sambil piknik santai, jangan lupa menikmati keindahan alam Curup Kedaton. Sangat disayangkan, ketika Anda pergi berlibur ke tempat istimewa ini, Anda hanya melihatnya sekilas tanpa menikmatinya. Alam yang hijau, bebatuan yang eksotik serta suara gemericik air yang menghantam bebatuan dan kolam membuat suasana semakin tenang.

4. Berburu spot foto

Dimanapun liburannya, apapun aktivitasnya, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengabadikan momen dengan foto. Tak kalah indahnya dengan spot-spot yang bisa dijadikan background di sini, meski semuanya merupakan wild spot. Misalnya pemandangan alam perkebunan dan persawahan, hutan hijau dan tentunya air terjun itu sendiri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Curup KedatonKredit foto: Facebook Memed Kian

Adapun pendirian Curup Kedaton sebenarnya tidak mencukupi dan tergolong apa adanya. Belum ditemukan fasilitas di lokasi air terjun. Anda hanya akan menemukan fasilitas di tempat Anda memarkir kendaraan. Tidak terlalu banyak, hanya beberapa warung dan toilet. Untuk mushola banyak tersebar di beberapa desa, silahkan pilih yang paling dekat.

Mengetahui ulasan tentang suatu tempat atau objek wisata sangat penting untuk dipersiapkan sejak awal. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apakah tempat yang Anda kunjungi memang layak untuk dikunjungi. Melihat semua hal di atas sepertinya Curup Kedaton sedang dipertimbangkan sebagai wisata alternatif.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button