Berita Wisata

Hukum Aqiqah Bagi Orang Tua Yang Tidak Mampu – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Muyono, 58, domba di kandangnya di Nglayang, Klumprit, Mojolaban, Sukoharjo, Sabtu (2/7/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SOLO — aqiqah atau akikah adalah ibadah yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran seorang anak. Nah, bagaimana dengan hukum? aqiqah untuk orang tua yang keadaan ekonominya tidak mampu?

Bentuk syukur ini ditandai dengan penyembelihan dua ekor kambing untuk anak laki-laki atau satu ekor kambing untuk anak perempuan. Namun, menurut Syekh Syarqowi dalam buku tersebut Hasyiyatus Syarqowi ala Tuhfatit Thullab bi Syarhit Tahrirpada prinsipnya orang tua tidak terbatas pada penyembelihan jumlah kambing.

Promo Daihatsu Rocky Mobil Harga Rp 200 Jutaan Cuma Rp 99.000

Masa penyembelihan dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran bayi. Dimana hari pertama kelahiran bayi juga diperhitungkan. Namun, jika Anda belum sempat melakukannya pada hari ketujuh karena suatu hal, maka dapat dilakukan pada tanggal 14, 20, 21 dan kelipatan tujuh berikutnya.

Launching Nahdlatul Ulama di website resminya, NU on lineBaik aqiqah adalah sunnah muakad, tetapi menjadi wajib jika dijanjikan sebelumnya. Dasar hukum ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Berikut haditsnya.

Baca Juga: Sholat di Masjid, Bisa Dibaca di Masjid Agung Sheikh Zayed Solo

“Jika seorang anak lahir, biarkan dia diaqiqahi. Menyembelih hewan untuknya dan menjauhkannya dari hal-hal yang dapat membahayakan dirinya.”

Lantas bagaimana dengan hukumnya? aqiqah jika orang tua tidak mampu?

Baca juga: Masjid Agung Sheikh Zayed Solo Jadi Spot Foto, Begini Hukumnya Menurut Islam

Jika umat Islam mampu mencapai aqiqah karena mereka memiliki aset yang cukup, disarankan untuk melakukannya. Sedangkan bagi orang tua yang kurang atau tidak mampu membayar, pelaksanaannya aqiqah dapat disalurkan.

Namun, perlu diingat waktu eksekusi aqiqah itu memiliki batas. Menurut penjelasan Muhammadiyah di situs resminya, waktu aqiqah terbatas sampai anak menjadi dewasa. Jika Anda sudah tua, tidak disarankan lagi melakukan ini aqiqah karena dia jauh dari hari kelahirannya.

Baca juga: Usai Diresmikan, Simak 11 Adab Saat di Masjid Sheikh Zayed Solo

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button