Berita Wisata

Apakah shalat wustha itu benar-benar shalat ashar? Ini adalah argumennya | Detikhikmah

Dalam Islam, ada shalat wajib dan shalat sunnah. Bagaimana dengan istilah salat wustha, apakah itu benar-benar dimaksudkan untuk salat Ashar? tangan kedua

Dalam ajaran Islam, ada sholat wajib dan sholat sunnah. Bagaimana dengan istilah salat wustha, apakah memang dimaksudkan untuk salat Ashar?

Dalam sehari, ada lima waktu wajib shalat, yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Dari lima waktu shalat tersebut, masing-masing memiliki keutamaan. Termasuk Sholat Ashar yang juga dikenal dengan Sholat Wustha.

Menurut Tafsir as-Sa’di/Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, seorang ahli tafsir abad ke-14 H, menjelaskan maksud dari surat Al Baqarah ayat 248 ini secara khusus. Menjaga shalat adalah melaksanakannya tepat waktu, dengan syarat-syaratnya, rukunnya, kekhusyukannya, dan segala yang wajib dan sunnah.

Baca lebih banyak:
detikcom »

Saat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20

Tari Bali, Tari Pendet menyambut Erdogan. Pelajari lebih lanjut >>

Masjid Agung Sheikh Zayed Solo Jadi Spot Foto, Ini Hukumnya Menurut IslamMasjid Agung Sheikh Zayed Solo Ramai Jadi Tempat Foto, Bagaimana Hukum Berfoto di Masjid Menurut Islam?

Qiyas dalam Syariah Islam: Rukun, Jenis dan ContohnyaQiyas adalah salah satu dari empat sumber hukum dalam Islam. Jadi apa itu qiyas? dan apa saja rukun, jenis dan contohnya? tangan kedua

Bolehkah Wanita Karier Berdandan, Apa Batasnya Menurut Hukum Islam? |Republik onlineIslam memberi batasan pada wanita karir dalam hal mendekorasi diri

Pahami Algoritma dan Sesuaikan Pemasaran Digital untuk Hasil MaksimalAlgoritma sangat penting dalam ekosistem digital, terutama dalam lanskap periklanan, karena seluruh industri digital bergantung padanya.

Gaya Hidup Aktif dan Sehat Menghindari Ancaman DiabetesSun Life Indonesia hadir untuk memberi tahu Anda cara menerapkan gaya hidup aktif dan sehat untuk menghindari diabetes.

Sholat dan Sholat Sunnah Tandai Peresmian Masjid Sheikh Zayed | Republik OnlineMasjid Sheikh Zayed dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Presiden UEA Mohammed bin Zayed

Ilustrasi Pria Sholat Foto: Getty Images/iStockphoto Jakarta – Sholat Wustha adalah sholat yang disebutkan dalam ayat 238 Surat Al-Baqarah dalam Al-Qur’an. Bahkan, sebelum peresmian masjid, Masjid Agung Sheikh Zayed juga digerebek di lokasi foto..REPUBLIC.

Banyak ulama yang mengartikan bahwa shalat wustha dimaksudkan untuk Dalam sehari ada lima waktu wajib shalat yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Dari shalat lima waktu, masing-masing memiliki keutamaannya. Lantas bagaimana hukum berfoto di masjid menurut ajaran Islam? Baca juga: Menurut sebuah artikel yang ditulis dalam Islam. Termasuk shalat ashar yang disebut juga dengan shalat wustha. Artinya, ada urutan keutamaan manakala menggunakan empat sumber untuk menetapkan hukum agama dalam Islam, dan qiyas menempati urutan keempat setelah Alquran, hadits, dan ijma’. Baca juga: Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 238: حَٰفِظُوا۟ عَلَى ٱلصَّلَوَٰتِ وَٱلصَّلَوٰةِ ٱلْوُسْطَىٰ وَقُومُوا۟ لِلَّهِ قَٰنِتِينَ Arab-Latin: ḥāfiẓụ ‘alaṣ-ṣalawāti waṣ-ṣalātil-wusṭā wa qụmụ lillāhi qānitīn Artinya: Peliharalah semua sholat(mu) , et ( memelihara) shalat wustha. Jika niatnya baik, maka diperbolehkan. Belalah Allah (dalam doamu) dengan kerendahan hati”. Pada dasarnya tidak ada masalah dengan mendekorasi karena wanita sangat suka mendekorasi dan itu sudah menjadi kodratnya.

Menurut Tafsir as-Sa’di / Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, ahli tafsir abad ke-14 H, menjelaskan maksud surat Al Baqarah ayat 248 ini. Namun, jika niatnya untuk kejahatan, tentu saja. itu sangat dilarang. Baca juga: Jika tidak ditemukan, maka lihat hukumnya dalam hadits nabi. Allah SWT memerintahkan untuk menjaga “doa” secara umum dan "sholat wustha" yaitu shalat Ashar secara khusus. Menjaga shalat adalah melaksanakannya tepat waktu, dengan syarat-syaratnya, rukunnya, kekhusyukannya, dan segala yang wajib dan sunnah. Dan (ilmu tentang) Allah meliputi apa yang mereka kerjakan. Dengan menjaga shalat, kita akan dapat memelihara semua ibadah dan juga membantu untuk mencegah hal-hal yang keji dan jahat, apalagi jika pemeliharaan itu disempurnakan sebagaimana perintah Allah dalam Firman-Nya, “belalah Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuk” . Pengertian Qiyas Dalam buku Qiyas Sumber Hukum Syariah Keempat karya Ahmad Sarwat, qiyas berasal dari kata qaasa – yaqiisu – qiyasan, yang berarti mengukur. Yaitu, dengan perasaan rendah hati yang tulus dan khusyuk, karena ketaatan adalah ketaatan yang abadi disertai dengan kekhidmatan. Baca juga: Ini juga senada dengan penjelasan Ustaz Erick dalam video yang diposting di kanal Youtube Netmediatama. Termasuk perempuan dengan mempercantik diri, terutama untuk beribadah,” kata Presiden Institut PBNU Bahtsul Masail.

Sholat Wustha adalah Sholat Ashar Dikutip dari buku Kemudahan dari Allah: Rangkuman Tafsir Ibnu Katsir karya Muhammad Nasib Ar-Rifa’i, disebutkan bahwa Allah SWT memberikan ketegasan khusus pada sholat wustha melebihi afirmasi diri pada sholat lainnya. . Terjadi perselisihan antara ulama salaf dan khalaf mengenai shalat wustha sehingga muncul berbagai pendapat. Ini mengundang dengan baik. Ahmad Nahrawi Abdus Salam Al-Indunisi mengatakan bahwa Imam Syafi’i memahami bahwa qiyas adalah upaya mencari ketentuan hukum berdasarkan dalil terhadap sesuatu yang telah diinformasikan dalam Al-Qur’an dan hadits. Namun pusat perselisihan dan konfliknya adalah antara dua shalat, yaitu shalat subuh dan ashar. Beberapa hadits Nabi Muhammad telah menunjukkan bahwa shalat wustha adalah shalat Ashar. Ini sangat tipis [perbedaannya], karena Allah SWT mengetahuinya,” jelas Ustaz Erick. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dengan sanadnya Ali, beliau mengatakan, Rasulullah SAW bersabda dalam peristiwa Ahzab: “Mereka membuat kami lupa shalat wustha, yaitu shalat asar. menurut para ulama adalah kalimat surat an-Nur ayat 31:

Semoga Allah mengisi hati dan rumah mereka dengan api. Kemudian dia melakukannya antara shalat Maghrib dan Isya.” (HR Ahmad) Hadits serupa diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Muawiyah Muhammad bin Hazim adz-Dhariri. Dengan kata lain, asl adalah perkara yang digunakan sebagai ukuran, pembanding atau persamaan. Diriwayatkan pula oleh Muslim melalui Syu’bah Ali bin Abi Thalib, kemudian diriwayatkan pula oleh Syaikhani, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i dan sejumlah pemilik musnad, sunan dan sahih melalui berbagai riwayat yang diriwayatkan pada panjang dari Ubaidah as-Sulmani, juga dari Ali.

Baca Juga: Imam Ahmad meriwayatkan dari Samurah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Uruslah semua shalat dan shalat wustha. Dalam konteks qiyas, far’u diartikan sebagai perkara yang ingin disamakan dengan ashl karena tidak ada nasnya yang jelas menyatakan hukumnya. Beliau menyebutnya demikian bagi kita. Itu adalah shalat asar. Ibnu Jarir berkata dengan sanadnya Abu Hurairah, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Salat Wustha adalah shalat Ashar. Kemiripan atau titik temu antara far’u dan ashl inilah yang disebut illat.” Firman Allah, “Belalah Allah (dalam shalatmu) dengan rendah hati. Hal ini juga dikemukakan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

" Demikian penjelasan tentang Sholat Wustha. Dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits di atas, ditegaskan bahwa ini adalah salah satu waktu shalat khusus, bersama dengan shalat wajib lainnya. 4. Saksikan video “Melihat dari langit ramainya orang-orang sholat Idul Fitri di JIS " .

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button