Berita Wisata

Jika beruntung, malam hari berkunjung ke Pura Sadon Magetan, Anda bisa bertemu dengan sosok astral ini

KLIKTIMES.COM|MAGETAN – Jarang kita ketahui bahwa banyak penulis wisata malam di situs purbakala Kabupaten Magetan. Seperti di situs candi Sadon di desa Cepoko, kecamatan Panekan. Hampir setiap malam ada yang ingin berwisata ke sini.

Hal itu dibenarkan Sarnu (50), juru kunci situs candi Sadon. Hampir seminggu, tiga sampai empat kali, seseorang mengunjungi Sadon. Menurutnya, situs ini dihuni oleh makhluk astral.

“Ketika saya pertama kali menjadi juru kunci, saya dikunjungi oleh seorang wanita yang mengenakan tank top khas Jawa dengan rambut tergerai. Masyarakat menyebut namanya Mbah Sikem, pembuat babat dari desa dan sekarang tinggal di sini di Sadon. situs candi,” kata Sarnu kepada kliktimes.com, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: Pergelangan kaki sepeda motor ditabrak truk, siswa MT di Blitar tewas

Bahkan, sosok astral yang kerap muncul di hadapan pengunjung tak hanya Mbah Sikem, lanjutnya, tapi ada Haji Sulaiman, ada sosok Dadungawuk dan tokoh lainnya.

“Di sini banyak, bagi yang suka dunia gaib, surga tempatnya. Yang penting situsnya jangan dirusak apalagi dicuri,” ujarnya.

Sarnu menambahkan, warga sekitar, saat ada hajatan seperti khitanan, masih sering mengirimkan sesajen ke pura Sadon. Diakui oleh masyarakat setempat, jika Anda tidak mengirim apa-apa akan ada masalah.

“Sesajen biasanya kapur sirih, peralatan nginang atau pinang plus madu dupa. Mitosnya kalau dilanggar akan ada gangguan. Seperti genset tidak bisa dinyalakan sampai matang, belum matang sepenuhnya,” ujarnya.

Baca Juga: Jika Beruntung, Kunjungan Malam ke Pura Sadon Magetan Bisa Bertemu Sosok Astral Ini

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button