Berita Wisata

7 Balkondes kawasan Borobudur menguntungkan untuk penyembuhan

Krjogja.com – Dari Jogja ke kawasan Borobudur dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 40 km. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan tujuan Jogja juga singgah di Candi Borobudur.

Berwisata ke kawasan candi Borobudur tidak hanya memungkinkan untuk melihat candi-candi saja, di sana juga terdapat banyak destinasi wisata yang indah. Satu hari tidak cukup untuk berwisata ke kawasan Borobudur, karena banyak hal yang bisa dikunjungi di sana.

Untuk itu, wisatawan membutuhkan tempat untuk bermalam. Jangan khawatir, karena di kawasan Borobudur kini terdapat fasilitas Balkondes yang artinya Pusat Perekonomian Desa.

Balkondes merupakan program atau proyek milik BUMN yang bekerja sama dengan desa setempat. Program ini diharapkan dapat membantu pemerintah meningkatkan potensi pariwisata Indonesia sekaligus mengembangkan perekonomian daerah setempat.

Beberapa Balcondes berkonsep desa wisata disertai akomodasi. Bukan sekedar tempat menginap, Balkondes juga menawarkan pemandangan dan suasana yang asri dan nyaman. Sehingga cocok untuk anda yang ingin penyembuhan.

Selain itu, banyak kegiatan dan fasilitas menarik di setiap Balkondes yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Berikut 7 Balkondes di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah:

1. Balkondes Tuksongo
Balkondes Tuksongo digunakan sebagai gedung konser Balkonjazz Festival 2019 yang menampilkan musisi ternama Yura Yunita, Rio Febrian, Payung Teduh, Langit Sore, dll. Pemandangan stupa Candi Borobudur akan terlihat dari Balkondes Tuksongo, destinasi wisata tradisional dengan fasilitas digital.

Penyediaan fasilitas digital signage, smart parking, home automation, homestay dan amphitheater bukan berarti Balkondes tidak mengusung wisata tradisional, bahkan fasilitas tersebut telah dirancang untuk menarik wisatawan mancanegara dan memperkenalkan wisata alam tradisional di wilayah ini.

2. Balkondes PGN Karangrejo
Balkondes Karangrejo PGN juga dijadikan sebagai Balkonjazz Festival 2022, artis yang hadir kali ini adalah Pamungkas, Kahitna, Dere, Rendy Pandugo, dll. Balkondes PGN Karangrejo dikenal sebagai Desa Energi Karangrejo.

Balkondes ini bersertifikat, yang membuktikan bahwa layanan homestay dapat diandalkan. PGN Karangrejo Balkondes menawarkan layanan homestay yang terdiri dari 4 homestay, 2 couple homestay dan 4 single room. Selain itu, terdapat restoran, ruang pertemuan, dan aula pernikahan. Sesuai dengan semangat energizing community Subholding Pertamina Gas.

3. Balkondes Sakapitu atau Tegalarum
Siapa yang suka berpose di depan kamera? Ada kabar baik bagi Anda yang senang berfoto di lokasi yang estetis. Di Balkondes Sakapitu atau Tegalarum, selain menyuguhkan pemandangan alam yang menawan, ternyata desain bangunan Balkondes ini juga unik, berbentuk seperti tenda kemah yang dipadukan dengan rumah minimalis memberikan kesan asri pada bangunannya. di sini.

4. Balkondes Wringinputih
Dengan latar pegunungan Menoreh yang luar biasa, Balconde ini identik dengan vegetasi bambunya. Agar desa ini menjadi produktif dalam hal pembuatan kerajinan tangan dari bambu.

Selain itu ada spot foto yaitu kebun bambu liar yang menjadi daya tarik desa ini. Taman bambu itu bernama Bale Bambu Klatakan.

Selain itu, bambu-bambu yang ada juga disulap menjadi bangunan cantik mirip atap yang berfungsi sebagai kafe untuk bersantai. Tentunya gedung ini juga bisa menjadi spot foto yang bisa menarik followers Instagram Anda.

5. Balkondes Bumihardjo
Dapat dikatakan bahwa Balkondes Bumihardjo memiliki perjalanan yang terorganisir dengan baik. Mulai dari suguhan alam yang indah dan mempesona hingga permainan tradisional desa edukatif ramah anak. Ada juga wisata kuliner tradisional yang bisa memuaskan dahaga dan lapar saat lelah berwisata.

Anda juga bisa mengunjungi pusat pembuatan jenang tempe, tahu dan ketan. Semuanya masih dilakukan dengan cara konvensional. Selain itu di sini juga terdapat sentra pepaya yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Disini juga terdapat sebuah taman yang telah ditata dengan seksama dengan latar belakang alam yang indah sehingga dapat memanjakan mata sekaligus menyembuhkan di kawasan ini.

6. Balkondes Candirejo
Memiliki fasilitas wisata air unik yang memacu adrenalin membuat Balkondes Candirejo menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa melakukan rafting di Kali Progo namun tidak menggunakan perahu karet melainkan getek atau perahu bambu.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan off-road di jalan Kali Progo. Wah, cocok banget nih buat kamu pecinta alam yang suka tantangan?

7. Balkondes Karanganyar
Menawarkan lanskap pegunungan Menoreh dan desa alami, tampaknya desa ini memiliki potensi wisata yang unik, yaitu kerajinan gerabah. Bahkan, kini telah menjadi Akademi Tembikar Karanganyar.

Anda dapat mempelajari cara mengubah seni tanah liat menjadi karya seni yang berharga. Selain gerabah, Anda juga bisa membeli produk gerabah buatan para pengrajin di sini. Harganya terjangkau dan jika Anda lelah dan ingin istirahat, ada juga homestay di Balkondes.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button