Berita Wisata

Rudal Minyak Israel di Pantai Oman Jelang Piala Dunia 2022 di Qatar, Iran Diyakini Jadi Dalang

TRIBUN-MEDAN.COM – Sebuah kapal tanker minyak milik seorang miliarder Israel diserang oleh drone pembom di lepas pantai Oman. Iran akan berada di balik serangan itu. Serangan ini terjadi menjelang Piala Dunia Qatar 2022,

Menurut The Associated Press, Rabu (16/11/2022), serangan terhadap kapal tanker minyak berbendera Liberia, Pacific Zircon, terjadi Selasa (15/11/2022) malam waktu setempat di lepas pantai Liberia.’Oman. Hal itu diungkapkan seorang pejabat pertahanan yang tidak disebutkan namanya yang berbasis di Timur Tengah.

Pacific Zircon dioperasikan oleh perusahaan Eastern Pacific Shipping (EPS) miliarder Israel Idan Ofer, yang berbasis di Singapura.

Dalam keterangannya, EPS mengatakan kapal tanker minyak dan gas Pacific Zircon diserang rudal sekitar 240 kilometer di lepas pantai Oman.

“Kami sedang berkomunikasi dengan kapal dan tidak ada laporan cedera atau polusi. Semua awak selamat,” kata EPS.

“Ada kerusakan kecil pada lambung tetapi tidak ada muatan yang tumpah atau air masuk.”

Seorang pejabat Israel menuduh Iran berada di balik serangan itu.

Dia mengatakan Iran menggunakan drone peledak Shaded-136, drone yang mirip dengan yang dipasok negara itu ke Rusia untuk menyerang infrastruktur dan sasaran sipil di Ukraina.

“Itu adalah serangan Iran, ada konsensus tentang itu di kalangan intelijen dan pertahanan Israel,” kata pejabat Israel, yang meminta namanya tidak disebutkan.

Sementara itu, pemerintah Iran sendiri mengaku tidak mengakui serangan tersebut.

Meski belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, kecurigaan dengan cepat jatuh ke Iran. Memang, Teheran dan Tel Aviv sudah lama saling berperang dalam perang Timur Tengah, dan sejumlah kapal Israel yang berlayar di kawasan itu kerap menjadi sasaran serangan drone.

Amerika Serikat (AS) juga menuduh Iran berada di balik serangkaian serangan di luar Uni Emirat Arab (UEA) pada 2019.

Saat itu, Teheran mulai meningkatkan kapasitas program nuklirnya, menyusul penarikan Amerika Serikat dari kesepakatan nuklir Iran dengan kekuatan dunia.

Pada tahun 2021, sebuah drone yang diduga milik Iran menabrak kapal tanker Israel Mercer Street di lepas pantai Oman, menewaskan 2 orang di dalamnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button