Berita Wisata

Dewan Nasional SDA mengunjungi Danau Maninjau

Rabu, 16 November 2022 | 19:39 WIB

| Penulis:

Penerbit: Tobari

Agama, InfoPublik – Untuk kesekian kalinya pejabat negara mengunjungi Danau Maninjau. Kali ini dilakukan Dewan Sumber Daya Air Nasional didampingi Bupati Agam Dr H Andri Warman, Rabu (16/11/2022).

Kunjungan ini menyusul surat dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terkait penanganan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau yang terletak di Kabupaten Tanjung Raya.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi Danau Maninjau yang sudah tercemar, sehingga diperlukan penanganan khusus untuk mengembalikan kondisinya seperti sedia kala,” kata Ketua Sekretariat Dewan Nasional SDA, Dr Happy Mulya.

Danau Maninjau diketahui tercemar oleh pakan ikan KJA yang terakumulasi puluhan tahun di dasar danau.

Besok, kata dia, kunjungan ini akan dinilai dan akan dilakukan presentasi ke Kantor Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang.

“Dalam pemaparan ini, kita akan mengetahui strategi seperti apa yang akan dilakukan untuk pengelolaan KJA,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Andri Warman mengatakan Danau Maninjau merupakan salah satu danau prioritas yang direvitalisasi oleh pemerintah pusat. Bahkan, ia ingin keadaan danau ini kembali normal.

“Terkait KJA ini, kami hanya ingin mengelolanya, bukan membelanjakannya. Namun menurut data yang ada, mayoritas KJA Danau Maninjau dimiliki oleh kontraktor, tentu perlu kita batasi,” ujarnya.

Kecuali katanya masyarakat Danau Maninjau saling ketergantungan, karena tidak ingin perekonomian masyarakat terganggu juga.

“Kalau melihat di sekitar danau, situasinya sangat memprihatinkan. Kami di Agam sudah berusaha mengelolanya dan kami berharap ada dukungan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Bupati mengatakan, Danau Maninjau berpotensi menjadi objek wisata, apalagi dilatarbelakangi oleh alam yang sangat menarik.

Bahkan ia pernah mencoba mendatangkan investor untuk mengembangkan objek wisata di Danau Maninjau, namun masalahnya danau tersebut masih tercemar.

“Pada dasarnya investor bisa masuk jika KJA sudah tertata dan kondisi Danau Maninjau membaik. Ini tantangan bagi kami, saya harap pemerintah pusat bisa membantu menyelesaikan masalah ini,” tandasnya. (MC Agam/toeb)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button