Berita Wisata

Museum Sonobudoyo Yogyakarta terlihat lebih modern untuk menarik wisatawan muda

Salah satu koleksi Museum Sonobudoyo (foto instagram anda ide_destination)

SIGIJATENG.ID – Berkunjung ke museum bukanlah hal yang ketinggalan zaman, bahkan saat ini sedang menjadi tren anak muda untuk mencoba aktivitas baru yang dikenal dengan istilah “museum dating”.

Oleh karena itu tren ini adalah kegiatan di sekitar museum yang dilakukan oleh seseorang dengan pasangannya, baik itu sedang jatuh cinta, dengan teman atau dengan teman.

Sejak awal November 2022 Museum Sonobudoyo mulai digemari anak muda karena tampilannya yang lebih modern dan artistik, banyak tempat di Museum Sonobudoyo yang sangat instragrammable.

Tidak hanya menambah pengetahuan tentang sejarah koleksi museum, tetapi juga mengabadikannya dalam bentuk video dan foto agar banyak anak muda yang tertarik untuk mengunjunginya.

Museum Sonobudoyo sendiri berada di kawasan Alun-alun Kidul, persis di seberangnya. Di depan museum, tulisan “Museum Sonobudoyo” juga terpampang jelas dengan patung wayang topeng yang berukuran cukup besar.

Harga tiket masuknya hanya 3000 rupiah per orang, harga tersebut tentunya sangat cocok untuk kantong mahasiswa. Disini juga terdapat tempat parkir motor yang cukup luas, jadi tidak perlu khawatir jika membawa rombongan.

Namun, berdasarkan peraturan gubernur provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tarif masuk kini dinaikkan menjadi Rp 10.000 untuk dewasa, Rp 5.000 untuk pengunjung anak-anak dan Rp 20.000 untuk turis asing. .

Saat memasuki Museum Sonobudoyo, Anda dapat membeli tiket masuk dari area keamanan di sebelah pintu masuk utama.

Setelah membayar dan melengkapi daftar hadir di buku tamu, Anda akan mendapatkan tiket masuk berupa QR Code.

Kemudian Anda akan masuk melalui pintu depan dimana Anda perlu memindai tiket masuk lebih awal, kemudian mengecek suhu dan menggunakan hand sanitizer seperti yang biasa kita lakukan di masa pandemi ini.

Begitu sampai di museum, Anda bisa menjelajahi semua fasilitas dan sudut museum secara gratis. Ada banyak ruangan yang akan Anda lewati saat berjalan melewati museum.

Setiap kamar memiliki tema dan isi yang berbeda. Sebagai gambaran, di ruangan pertama anda masuk akan disuguhkan berbagai jenis alat musik tradisional jawa, kemudian masuk ke ruangan selanjutnya anda akan dimanjakan dengan alat musik kuno, berlanjut ke ruangan selanjutnya, akan ada topeng, wayang, dll. pada titik akhir kita bisa berfoto di hiasan pintu yang sangat tradisional.

Setiap alat atau benda yang ada di Museum Sonobudoyo dilengkapi dengan keterangan nama dan penjelasan sejarahnya.

Sehingga pengunjung bisa tinggal membaca di kaca. Bahkan di dalam museum tersebut terdapat sebuah patung yang dilapisi emas 24 karat yang telah dilestarikan sejak zaman dahulu.

Secara keseluruhan, desain interiornya sangat bagus, bahkan ada integrasi teknologi membuat museum Sonobudoyo sangat canggih dan siap menghadapi revolusi 4.0.

Museum Sonobudoyo buka Selasa hingga Minggu, pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB

(akhida)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button