Berita Wisata

Setigi dan KPI Jadi Tempat Diskusi 130 Pengunjung Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Kaltim – Sabda News

GRESIK, SabdaNews.com- Alhamdulillah Wisata Setigi menjadi ajang diskusi bersama 130 peserta dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara dan rombongan dari Kecamatan Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Ungkapan syukur disampaikan Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim saat menyambut kedatangan rombongan yang sedang belajar sekaligus berkunjung ke Wisata Alam Setigi dan Agrowisata Kebun Pak Inggih (KPI) tersebut. .

Tenggarong Seberang adalah sebuah kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara bagian tengah, Kalimantan Timur, yang akan menjadi ibu kota negara kepulauan (IKN).

“Kita patut bersyukur bersama, desa Sekapuk telah menjadi acuan musyawarah untuk membangun potensi desa sekaligus dinilai berhasil mencapai pembangunan berkelanjutan sesuai agenda SDG dengan bukti bahwa ini bukan hanya capaian dari PADes, tapi kedatangan tamu dari berbagai daerah. Kebun agrowisata Pak Inggih milik desa yang dibangun di masa pandemi ini merupakan wisata kedua setelah SETIGI,” jelas Abdul Halim, Kamis (17/11/2022).

Selain itu, kata Kepala Desa bermarga Ki Begawan, semoga bermanfaat dan lancar perjalanannya serta sinergi membangun bangsa melalui desa. Hari ini, 130 peserta dari Kota Raja datang ke desa Sekapuk, yang merupakan julukan Tenggarong, ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di provinsi Kalimantan Timur.

“Julukan ini tidak bisa dibantah mengingat daerah itu dulunya adalah ibu kota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan tempat makam raja-rajanya bersemayam,” ujar Lurah AHA (Abdul Halim).

“Terima kasih telah memilih desa kami menjadi mitra dalam kemajuan dan peningkatan PADes melalui BUMDesnya. Kelompok KPI Agro terus melanjutkan Setigi Wisata. Desa masa depan Indonesia”, tambahnya dengan semangat.

Catatan, kunjungan rombongan: Kecamatan Tenggarong Seberang mempertemukan 18 desa, yaitu: 1. Bangun Rejo, 2. Buana Jaya, 3. Bukit Pariaman 4. Bukit Raya 5. Embalut 6. Karang Tunggal 7. Kerta Buana Loa Lepu 8 Perjiwa 9 .Loa Pari 10. Loa Raya 11. Loa Ulung 12. Manunggal Jaya 13. Mulawarman 14. Perjiwa 15. Separi 16. Suka Maju 17. Tanjung Batu 18. Teluk Dalam

Dan Kecamatan Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Dari kebun Pak Inggih (Agrowisata & Cottage Nusantara Resort) dilanjutkan audiensi di Wisata Setigi dengan peserta 130 orang yang terdiri dari tokoh desa, aparatur dan staf, Bumdes, BPD diskusi bersama untuk mewujudkan desa seribu miliarder di Indonesia.

“Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi. Jaga kesehatan dan keselamatan. Terima kasih Dulur,” ujar Direktur Setigi H Umar Efendi sependapat dengan Direktur KPI Agro, Sekar Dwi Cahyani. (Editor)

Bacaan: 15

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button