Berita Wisata

Banggar DPRD Majene mengusulkan kenaikan retribusi wisata Dato

MAJENE, UPEKS.co.id—Abd.Wahab, anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Majene, Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan kepada pemerintah daerah untuk menaikkan pajak objek wisata pantai Date.

Selain itu, Wahab juga meminta agar revisi Peraturan Bupati (Perbup) yang menetapkan harga retribusi seluruh tempat wisata yang dikelola Pemda Majene juga dinaikkan.

Hal itu diungkapkan Wahab saat rapat pembahasan proyek APBD Majene 2023 di gedung DPRD yang dipimpin Ketua DPRD Majene Salmawati Djamado didampingi Wakil Ketua Mr Idwwar, Rabu (16/11/2022).

“Kenapa saya mengusulkan kenaikan royalti objek wisata, tujuannya untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Majene melalui royalti,” kata Wahab.

Dalam rapat Badan Anggaran DPRD (Banggar) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Majene, terungkap pula bahwa di beberapa tempat wisata seperti Pantai Dato Majene, pencapaian biaya pungutan sudah melebihi target. . .

“Itu di pantai Dato, pada Oktober 2022 pungutan retribusi mencapai 100%. Artinya melebihi target yang ditetapkan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk tahun 2022,” jelas Wahab.

Jadi Wahab melanjutkan, Dinas Pariwisata harus berani, kalau targetnya sekarang Rp 400 juta dan itu saja, maka ada beberapa objek yang sudah over target, seharusnya dinaikkan” jelas Wahab.

“Kami juga mengusulkan agar payung hukum retribusi, yakni Peraturan Bupati (Perbup) tentang retribusi obyek wisata, bisa direvisi, karena tidak sulit untuk merevisi peraturan bupati”, ujarnya.

Seperti kita ketahui, pada tahun 2022 Dinas Pariwisata menargetkan pendapatan Rp 400 juta dari retribusi objek wisata. Namun, pada Oktober 2022, target tersebut terlampaui. Untuk itu, anggota Dewan Banggar Abdul Wahab mengusulkan target pendapatan pada 2023 dinaikkan 2 kali lipat menjadi Rp 800 juta.

Namun, Dinas Pariwisata enggan melipatgandakan target retribusi, karena banyak fasilitas objek wisata yang menurut mereka rusak. Pada akhirnya, Disbudpar hanya menaikkan target Rp 50 juta.

Begitu juga dengan harga fee yang selalu berlaku dengan harga yang sama yaitu Rp 3.000 untuk pengunjung anak-anak dan Rp 5.000 untuk dewasa. (Ali)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button