Berita Wisata

Kecamatan Lubang Panjang, Sawahlunto, meningkatkan kapasitas pengurus Forum Anak

Padang (ANTARA) – Kelurahan Lubang Panjang Kota Sawahlunto menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas pengurus Forum Anak Kelurahan Lubang Panjang sebagai pelopor dan pewarta perlindungan anak.

Diselenggarakan di Sawahlunto Meer Von Kandi Heritage Tourist Park. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2022 dengan nara sumber dari Yayasan Ruang Anak Dunia dibuka langsung oleh kepala desa dan juga dihadiri oleh camat TP PKK Barangin.

Lurah Lubang Panjang Rachmadeni melalui siaran pers yang diterima di Padang, Kamis, mengatakan, pihaknya berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas pengurus forum anak-anak desa, apalagi baru pertama kali anak-anak mengikuti pertemuan seperti itu. ini.

“Kegiatan ini juga kami manfaatkan untuk mengajak anak-anak bermain dan mengunjungi salah satu tempat wisata di kota Sawahlunto,” ujarnya.

Ia menyampaikan komitmennya sebagai pemerintah setingkat desa untuk mewujudkan desa layak anak dengan salah satu upaya melatih dan memfasilitasi pendampingan kegiatan forum anak desa sebagai perintis dan pelapor perlindungan anak.

“Anak-anak SMP dan SMA se-Kecamatan Lubang Panjang dikelompokkan dalam wadah anak-anak. Selain itu, kami juga memiliki lembaga pendidikan Al-Quran yang dibina langsung oleh kecamatan dengan melibatkan masyarakat,” ujarnya. dikatakan. dikatakan.

Semua itu dilakukan untuk menjamin hak anak-anak yang tinggal di Kecamatan Lubang Panjang, ujarnya lebih lanjut.

Kedepannya, ia berharap forum anak dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak lain untuk menyuarakan hak-hak anak di kecamatan, dan seluruh elemen masyarakat dapat melibatkan forum anak dalam kegiatan penyadaran perlindungan anak.

Sementara Presiden Forum Anak Desa Lubang Panjang Sherly mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Lubang Panjang yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

“Kami mendapat ilmu dan pengalaman baru dari para narasumber yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kegiatan forum anak desa sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak.

Ia berencana akan melakukan sosialisasi perlindungan anak di masjid dan mushola di Kecamatan Lubang Panjang.

Program Officer Ruang Anak Dunia Foundation, Wanda Leksmana memberikan dukungan penuh kepada kecamatan Lubang Panjang untuk memperkenalkan sistem perlindungan anak di wilayahnya melalui Kelurahan Layak Anak.

“Banyak kegiatan perlindungan anak di kecamatan ini yang kami harapkan dapat membantu menjaga kesinambungan dan keberlanjutan program. Semoga forum anak kecamatan Lubang Panjang menjadi motivasi bagi forum anak kecamatan kota dan desa Sawahlunto,” ujarnya. dikatakan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button