Berita Wisata

Air Terjun Pasucen, sedikit masalah wisata dari Rembang

Air Terjun Pasucen yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Brubulan merupakan tempat wisata di Rembang yang memiliki pesona air terjun yang sangat indah.

Kondisi Air Terjun Pasucen selama ini belum terkelola dengan baik, termasuk kondisi jalur pendakian menuju lokasi utama.

Kalaupun digarap secara maksimal, sepertinya mampu menyedot perhatian masyarakat. Apalagi saat kondisi air sedang bagus, pemandangan yang disajikan akan sangat indah.

air terjun cinaair terjun cina. Peta Google. sumber: SHELLA Ngesti

lihat juga: warisan Tionghoa kecil

Dan kami juga menghimpun beberapa permasalahan di Air Terjun Pasucen Rembang yang dilaporkan oleh pengunjung. Diantara mereka:

  • Kurangnya papan petunjuk untuk menuju lokasi utama,
  • Sampah plastik di area kolam utama,
  • Kotoran yang terbawa air
  • Kurangnya fasilitas umum.

Tentu keluhan tersebut bukan berarti mengurangi daya tarik air terjun Pasucen. Justru perasaan “maaf” kenapa air terjun ini tidak dioptimalkan dengan baik sebagai tempat wisata.

Jika masalahnya ada di anggaran, Anda mungkin bisa melakukannya dengan alternatif komunitas swadaya. Dana desa pun seharusnya bisa meng-cover jika diarahkan untuk mewujudkan Desa Wisata di tempat.

Namun di sisi lain, ternyata wisata air terjun yang selalu indah ini menjadi tujuan beberapa pecinta alam. Trekking yang tidak terorganisir dialami sebagai sensasi dan tantangan tersendiri.

air terjun tersembunyiair terjun tersembunyi. Peta Google. sumber: Latuaji Uzumaky

baca juga : pantai indah layur

Termasuk minimnya fasilitas untuk menjadi tempat kegiatan bertahan hidup. Dan inilah review air terjun Pasucen yang telah kami siapkan untuk anda, dengan kategori air terjun yang masih asri.

Lokasi Air Terjun Pasucen

Lokasi Air Terjun Pasucen berada di alamat Desa Pasucen, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Air Terjun Pasucen

Bagi Anda yang membawa kendaraan, Anda bisa parkir di area dekat pemukiman penduduk. Dan jalan menuju pemukiman penduduk masih bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika Anda kesulitan menemukan lokasi Air Terjun Pasucen, apalagi menggunakan Google Maps, langkah pertama cukup berkendara ke Desa Pasucen.

Setelah meninggalkan desa, yang harus Anda lakukan hanyalah bertanya kepada penduduk setempat. Jarak Alun-Alun Rembang ke desa Pasucen sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang dari satu jam.

trekking yang harus dilaluitrekking yang harus dilalui. Peta Google. sumber: Dwi Eko Pratama

baca juga: pantai caruban

Kunjungan wisatawan ke Air Terjun Pasucen Gunem Rembang sangat ditentukan oleh faktor cuaca. Karena jika hujan, jalur pendakian akan licin.

Jalur pendakian masih tanah, belum ada tangga juga. Jika khawatir jalur pendakian tertutup rerumputan, disarankan untuk mengunjungi orang yang sudah pernah ke sana sebelumnya.

Jika cuaca cerah, jalur trekking cukup menguras tenaga. Bahkan anak usia sekolah juga bisa menempuh jalur ini untuk menuju lokasi utama Air Terjun Pasucen.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pasucen

Tiket masuk Air Terjun Pasucen gratis.

Jam Buka Air Terjun Pasucen

Belum ada keputusan resmi mengenai jam buka atau jam buka air terjun Pasucen. Hanya saja pengunjung akan kembali menjelang sunset atau menjelang hujan.

keadaan surutkeadaan surut. Peta Google. sumber: durotul illiyah

lihat juga: pantai karang jahe

Pemasangan air terjun Pasucen

Fasilitas wisata air terjun Pasucen masih sangat minim, antara lain di sepanjang jalur trekking dan di lokasi utama air terjun Pasucen.

Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk membawa perbekalan yang diperlukan, termasuk makanan dan minuman. Tapi hati-hati untuk tidak membuang sampah sembarangan …

Air Terjun Pasucen

Curug Pasucen memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Jika debit air sedang tinggi, tampilan air terjun akan menampilkan dua aliran air yang jatuh.

Namun jika kering, maka hanya satu aliran air yang terlihat. Sumber airnya berasal dari sungai yang menghadap ke sana.

tempat penyembuhan diritempat penyembuhan diri. Peta Google. sumber: Muhammad Yon Alifian

Ini mungkin salah satu hal yang dikeluhkan oleh mereka yang pernah ke sana. Dari sampah plastik dan kotoran.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa masalah ini tidak hanya dirasakan oleh Air Terjun Pasucen saja. Jika Anda pembaca setia nativeindonesia.com, pasti tahu air terjun lain punya masalah serupa.

Konsekuensi dan tantangan pengelolaan jika sumber airnya dari sungai dan tidak langsung dari mata air.

Jika kondisinya bersih dan kondusif, tidak sedikit pengunjung yang datang ke sana, termasuk anak-anak. Selain pemandangan air terjun, alasan lainnya adalah kolam utama bisa dijadikan tempat permainan air.

Semoga kedepannya Air Terjun Pasucen dapat tertangani dengan baik. Dan saya berharap tulisan ini tidak menjadi penghalang, tetapi justru menjadi pemicu kebangkitan pariwisata di Rembang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button