Berita Wisata

Berbasis pemberdayaan masyarakat, Disparpora Kabupaten Madiun menggenjot pengembangan wisata Selingkar Wilis

Oleh : Joko Susilo

Madiun, Mabesbharindo.com – Program pengembangan potensi wisata alam Gunung Wilis terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun.

Melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun, percepatan pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat (WBPM) Lingkar Wilis bukan hanya menjadi program pemerintah kabupaten, tetapi juga menjadi program pemerintah provinsi. kepada pemerintah pusat.

Dalam penyampaiannya, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disparpora Kabupaten Madiun, Mokh Hamzah Nugrohanto menjelaskan: Untuk pengembangan pariwisata di kawasan Wilis, pihaknya juga akan melatih dan meningkatkan kapasitas SDM masyarakat pendaki gunung. pemandu yang berperan dalam pengembangan kepariwisataan untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi profesi.

“Saat ini ada 17 pemandu pendakian gunung yang sudah memiliki sertifikasi kompetensi profesi,” jelas Hamzah Nugrohanto di ruangannya. Kamis 17/11/2022

Apalagi sekarang trend pariwisatanya mengarah ke wisata minat khusus. “Contohnya panjat tebing yang soft openingnya,” tambah Hamzah.

Merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Wilayah Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Lamongan, Wilayah Bromo – Tengger – Semeru, serta Wilayah Wilis dan Lintas Selatan . Dan diharapkan melalui program WBPM ini, masyarakat sekitar harus menjadi pelaku utama dan bukan sebagai penonton.

BACA JUGA: Pembangunan Jembatan Ngronggot Ditunda, DPRD Nganjuk Kenakan Denda dan Imbauan Larangan Mitra

“Tentunya tidak didasarkan pada jumlah pengunjung yang besar, tetapi pada jumlah uang yang harus signifikan di sana. Dan prosesnya harus masyarakat yang membuatnya, sehingga tentu ekonomi masyarakat tumbuh,” pungkas Hamzah

Tampilan postingan: 5

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button