Berita Wisata

Dispar berjanji akan terus mengembangkan desa wisata di Kalsel

Jumat, 18 November 2022 | 04:03 WIB

| Penulis:

Penerbit: Tobari

Banjarmasin, InfoPublik – Dinilai memiliki potensi yang sangat bagus, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel berkomitmen untuk terus mengembangkan desa wisata di Banua.

Salah satunya adalah desa wisata Kubah Basirih yang sebelumnya masuk dalam jajaran 50 besar desa wisata se-Indonesia dan meraih juara 1 kategori cinderamata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) beberapa waktu lalu. .

“Untuk Basirih Dome, kami telah memberikan bantuan berupa toilet wisata dan tong sampah untuk menjaga kebersihan di destinasi wisata religi ini, dan insyaallah kami juga akan memberikan fasilitas pendukung transportasi sungai berupa speedboat cepat tergantung apa. mereka tawarkan,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Kamis (17/11/2022).

Tidak hanya Desa Wisata Kubah Basirih, lanjut Syarifuddin, pihaknya juga siap memberikan fasilitas pendukung objek wisata dan desa wisata sesuai anjuran pemerintah daerah/pemkot.

“Potensi desa wisata yang ada di Kalsel akan terus kami kembangkan. Setiap tahun, kami juga terus memperhatikan peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana wisata di Kalsel,” kata Syarifuddin.

Lebih lanjut, Syarifuddin mengatakan akan terus berupaya mengembangkan pariwisata berbasis desa wisata ini agar bisa berdaya saing di tingkat nasional.

Syarifuddin juga berharap pemerintah kabupaten/kota dapat memetakan potensi desa wisata andalannya untuk dikembangkan bersama, sebagai persiapan ADWI tahun depan.

Kita berharap kabupaten/kota memiliki desa wisata unggulan, karena teman-teman daerah lebih tahu potensinya.

“Kami di provinsi siap memfasilitasi pengembangan potensi tersebut, agar lebih banyak lagi desa wisata kami yang terwakili di tingkat nasional,” kata Syarifuddin. (MC Kalsel/Total/YIN/toeb)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button