Berita Wisata

Yamali Tb Sulsel akan menyelenggarakan Jambore Eksekutif TB di Bantimurung

MAKASSAR—Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis Sulawesi Selatan (Yamali Tb) akan kembali menyelenggarakan Jambore Kerangka Tuberkulosis (TB) di kawasan wisata Alam Bantimurung, Maros, pada 25-26 November 2022.

Menurut siaran pers yang diterima Media Sulsel, Jumat (18/11/2022) kali ini sekitar 372 pegiat TB dari 9 kabupaten/kota di Sulsel, yakni Maros, Wajo, Bone, Gowa, Pinrang, Jeneponto, Sidrap, Bulukumba dan Kota Makasar.

Menurut Ketua Yamali Tb Sulsel, Kasri Riswandi, Jambore Kader Tb kali ini merupakan Jambore Kader ke-6 setelah lima tahun absen. Jambore Kader terakhir diadakan pada tahun 2017. Sedangkan untuk pertama kalinya diadakan pada tahun 2013 dan selalu memfokuskan kegiatannya pada tempat-tempat wisata.

Menurut Kasri, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk silaturahmi antar kader TB dan membangkitkan kembali semangat kader dalam upaya penemuan kasus TB baru.

Sementara itu, pelaksanaan Kerangka Jambore kali ini mendapat sambutan positif dari Pemda Kabupaten Maros, Dinas Sosial Maros dan Dinas Perhubungan Sulsel.

Dukungan yang diberikan Pemda Maros berupa izin kegiatan serta akses gratis pelaksanaan kegiatan selama dua hari di objek taman wisata alam Bantimurung, Maros.

Selain itu, Dinas Sosial Maros memberikan fasilitas berupa dapur umum untuk mendukung pemenuhan konsumsi selama kegiatan berlangsung dan Dinas Perhubungan Sulsel memberikan akses penunjang mobilitas dengan menyediakan empat buah bus sebagai transportasi menuju tempat pelaksanaan Jambore.

Kasri berharap pelaksanaan Jambore Kader dapat mempererat kerjasama Kader Sulsel untuk tetap semangat dalam memerangi peningkatan jumlah penderita tuberkulosis di Sulsel dan dapat meningkatkan semangat kader pelaksana dalam upaya mengurangi kasus TB baru sehingga dapat mencapai tujuan mengakhiri TB pada tahun 2030. (*/464thn)

Dilihat: 229

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button