Berita Wisata

31 cara ampuh menghilangkan jerawat dengan cepat, dari yang alami hingga suntik

Gunakan masker Madufi

Memperbesar

Kredit ilustrasi madu: unsplash.com/Alexander

Masker madu terbukti sangat efektif menghilangkan jerawat kistik karena mengandung antiseptik yang membunuh bakteri jerawat. Selain itu, madu juga berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara mengobati jerawat batu dengan madu adalah dengan menggunakan madu sebagai masker wajah minimal 2-3 kali dalam seminggu.

22. Jangan meremas

Hal terpenting yang harus diperhatikan untuk menghilangkan jerawat secara efektif adalah jangan pernah mencoba memencetnya dengan memencetnya. Jerawat batu memang tidak bisa dihilangkan karena masalahnya begitu dalam di kulit Anda.

Mencoba memanipulasi atau memencet jerawat kistik hanya akan mendorong lebih banyak peradangan, yang menyebabkan lebih banyak jaringan parut dan kemungkinan infeksi. Sekalipun ada titik putih terkecil di atasnya, jangan percaya, kotorannya dalam dan Anda tidak akan pernah bisa menghilangkannya.

23. Es batu

Daripada mencoba mengatasinya dengan memencet jerawat batu, cara terbaik untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Es batu benar-benar dapat membantu mendorong keluar kista Anda, sampai batas tertentu.

Alasan mengapa jerawat kistik menyakitkan adalah karena ada pembengkakan dan peradangan pada jaringan. Es batu dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan sedikit mengurangi pembengkakan.

Bungkus es batu dengan handuk atau serbet. Usahakan mengompres dengan es batu agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Kemudian, tahan pada jerawat Anda selama 1-2 menit. Kemudian biarkan selama 30 menit.

24. Koktail sebagai suguhan satu kali

Selain itu, menggunakan perawatan di tempat harus mengandung campuran benzoil peroksida dan krim hidrokortison 1% yang dapat membantu membersihkan jerawat lebih cepat.

Keduanya memiliki sifat antiradang, termasuk benzoil peroksida, yang akan membantu meredakan benjolan. Jadi, sekali sehari selama seminggu, oleskan benzoil peroksida ke area yang terkena, biarkan mengering, lalu oleskan krim hidrokortison dengan lapisan tipis.

25. Injeksi kortison

Cara ampuh menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan suntikan kortison. Anda bisa menyuntikkan kortison. Tentunya hal ini harus dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter. Suntikan kortison melibatkan penyuntikan steroid dosis rendah langsung ke jerawat Anda untuk secara dramatis mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dalam beberapa hari.

Setelah menerima suntikan kortison, perlu beberapa hari lagi hingga seminggu agar kista sembuh dengan sendirinya. Jadi, apakah ada efek sampingnya? Secara tidak sengaja menyuntikkan terlalu banyak kortison dapat meninggalkan bekas kecil di tempat jerawat Anda berada.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button