Berita Wisata

Empat Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bantul, Perhatikan Lokasinya!

Harianjogja.com, JOGJA—Destinasi wisata Bantul memiliki daya tarik tersendiri. Kabupaten yang berada di sisi selatan DIY ini terkenal dengan wisata alamnya yang menarik.

Dari perbukitan hingga pantai, semuanya ada di Bantul. Berbagai destinasi wisata di Bantul menjadi favorit pengunjung untuk akhir pekan.

Berikut adalah daftar tempat wisata yang direkomendasikan di Bantul Harianjogja.com. Wajib dikunjungi bagi pecinta alam!

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk adalah sebutan untuk gumuk pasir di tepi laut Di tepi pantai Parangkusumo di Bantul terdapat tujuan wisata yang populer yaitu gumuk pasir Parangkusumo.

Letaknya yang tidak jauh dari pantai Parangtritis membuat destinasi ini menjadi spot foto favorit para wisatawan. Apalagi bukit ini juga sering dikunjungi para penggemarnya seluncur pasir.

Perpaduan antara gurun pasir, langit biru dan hamparan laut merupakan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa ajak pasangan atau teman saat berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Sosok puncak

Salah satu tempat terbaik di Bantul untuk melihat sunset adalah di Puncak Angka. Berada di dataran tinggi desa Bawuran, Pleret, Bantul, kawasan ini awalnya hanya berupa kawasan yang dipenuhi ilalang yang kemudian berubah menjadi tempat wisata populer.

Saat sore tiba, Pic de la Figure selalu ramai pengunjung. Selain udaranya yang segar, tempat ini menjadi favorit warga karena mereka juga bisa bersantai di halaman rumah ditemani pertunjukan musik akustik. Pengunjung juga bisa leluasa melihat hamparan sawah yang hijau dan gemerlap kota Jogja saat malam tiba.

Waduk Potorono

Di sisi timur Bantul, tepatnya di Kapanewon Banguntapan, terdapat sebuah danau buatan bernama Embung Potorono. Waduk ini dibangun di atas lahan Wanadesa seluas 30.000 meter persegi.

Selain untuk wisata keluarga, Embung Potorono juga banyak digunakan untuk olahraga. Jalan beraspal yang mengelilingi waduk sering digunakan untuk jogging atau bersepeda.

Jika ingin mencoba olahraga yang agak menantang, pengunjung bisa mencoba bermain kano di danau ini. Dengan tarif Rp 15.000 pengunjung sudah bisa merasakan serunya mengayuh kano mengelilingi waduk selama 15 menit.

Air Terjun Pulosari

Berwisata ke Bantul belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Curug Pulosari. Air terjun yang terletak di desa wisata Krebet, Bantul ini memiliki pesona yang memikat karena aliran airnya yang halus seperti selembar tirai.

Air terjun ini memiliki lokasi yang cukup terpencil di tengah hutan jati. Karena tempat menenun, pemandangan yang ditawarkan selalu indah dan enak dipandang.

Dibandingkan dengan tempat air terjun lain di DIY, air terjun ini tidak terlalu tinggi. Tingginya bervariasi dari lima hingga tujuh meter. Namun daya tarik air terjun ini bukan pada ketinggian turunnya airnya, melainkan pada jatuhnya air dari atas tebing yang tidak begitu deras sehingga membuat aliran airnya terlihat seperti tirai putih yang indah.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button