Tempat Wisata

7 Destinasi Kuliner dari Sukabumi, Mantap Banget!

Baru-baru ini, Sukabumi telah menarik lebih banyak wisatawan. Selain panorama alam dan banyak destinasi wisata yang menarik, kota ini juga memiliki sejumlah kuliner lezat yang ditawarkan. Selain itu, kini ada Tol Bocimi yang mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta. Penasaran destinasi kuliner mana saja yang wajib dicoba di Sukabumi? Perhatikan daftarnya di bawah ini!

1

Bubur buntut siliwangi adalah pilihan sarapan yang enak di Sukabumi. Foto: Gmaps/Rizka Octavia

Siliwangi Oxtail Chicken Mash

Warga Sukabumi pasti sudah tidak asing lagi dengan Bubur Ayam Buntut Siliwangi. Sudah ada sejak tahun 80-an, bubur ayam ini masih ada sampai sekarang. Topping yang banyak membuat pelanggan tidak pernah bosan memakannya. Rasanya gurih dengan suwiran ayam, kerupuk, liverwurst, cakwe dan kaldu.

Tapi yang wajib kamu coba adalah risole atau kroketnya, yang sangat enak karena sangat renyah. Chicken mash di tempat ini memiliki porsi yang cukup padat dan pas. Tapi kalau masih kurang kenyang, masih ada menu variatif lainnya.

Baca: 7 Kafe Sukabumi yang Cocok untuk Keluarga

2

Semua menu di Rumah Makan Ibu Bunut enak, tapi satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Tempe Mendo. Foto: Gmaps/Henry Sutjipto

Restoran ibu Bunut

Restoran Ibu Bunut menyajikan pilihan masakan khas Sunda. Yang paling terkenal adalah olahan Pepes, seperti Pepe’s Anchovies, Pepe’s Oncom dan Pepe’s Tofu. Selain itu, tersedia juga berbagai menu dengan ayam, ikan, dan lalapan dengan beberapa pilihan sambal. Menu spesial lainnya dari resto ini adalah Tempe Mendoannya. Kentang goreng disajikan hangat.

Soal harga tidak perlu khawatir, karena aneka masakan di sini cukup ramah kantong. Bagaimanapun, Restoran Ibu Bunut adalah alternatif yang cocok jika Anda ingin mencicipi makanan khas Jawa Barat. Oh ya, Presiden Joko Widodo juga sempat makan siang di sini.

3

Makanan dan tempat di Kazoku Tei sangat khas Jepang, dan juga bagus untuk fotografi. Gmaps/Kepik Pagi

Bagian Kazoku

Konsep lampu dan hiasan dinding membuat nyaman semua orang untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Hidangan utamanya adalah sushi dengan variasi yang berbeda, seperti sashimi tuna dan salmon. Ada juga berbagai jenis tempura, ramen hingga shabu-shabu. Selain itu, ada juga menu western yang tak kalah enak.

Menawarkan ruang makan untuk seluruh keluarga, Kazoku Tei adalah pilihan tepat untuk bersantap bersama orang tersayang. Restoran yang satu ini juga ada bagiannya di luar yang cocok untuk pengunjung yang menyukai suasana alam. Selain itu, area outdoor sangat dekat dengan taman. Suasana Jepang semakin kental.

4

Lokasinya yang semi outdoor nyaman dan membuat Anda betah saat nongkrong atau sekedar bersantai sambil menikmati secangkir kopi. Foto: Gmaps/Fanny Jwita

D’Green Resto dan kopi

Destinasi wisata kuliner di Sukabumi selanjutnya adalah D’Green Resto and Coffee. Semua hidangan di kafe yang satu ini disajikan dengan cita rasa terbaik. Menawarkan nuansa kontemporer yang menarik dan elegan. Selain itu, ada juga banyak tanaman hijau di sekitar.

Jadikan suasana lebih nyaman untuk bersantai atau sekedar hang out bersama teman-teman. Beberapa dekorasi yang instagramable membuatnya sangat cocok sebagai area foto. Aneka menu kuliner Barat seperti pasta dan steak bisa menjadi pilihan. Ada juga Chinese food yang tak kalah enak.

5

Mulai dari jajanan, mie hingga makanan khas Jawa Barat bisa Anda temukan di Wisata Kuliner Selamat Sukabumi. Foto: Gmaps/Wisata Kuliner Happy Sukabumi

Selamat atas Food Tour Sukabumi Department Store

Foodies pasti akan senang berada di sini. Lebih dari 50 jenis makanan asin, manis dan gurih disajikan. Hampir semua jenis kuliner dapat ditemukan di sini, mulai dari cilok, lemper, risol, roti, mie hingga nasi uduk. Harganya juga bervariasi, namun jika ingin berburu kuliner harus datang pagi-pagi sekali.

Pasalnya jajanan tersebut hanya buka dari pukul 6 pagi hingga 11 pagi WIB. Membeli jajanan di sini juga membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi.

6

Beras ungu ini berasal dari pewarna alami, rasanya tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti enak. Foto: Gmaps/Rudyanto A. Wibisono

Restoran dan Kafe Mamih Ungu

Bisa dibilang nasi uduk di Mamih Ungu Resto and Café sudah menjadi icon Sukabumi. Karena restoran ini memanjakan pengunjungnya dengan sajian nasi hangat berwarna ungu. Warnanya berasal dari bahan alami seperti ubi ungu dan bit. Beberapa menu favoritnya antara lain ayam bakar, iga dengan sambal terasi, dan tahu sapo.

Seluruh menunya sangat menggugah selera, apalagi jika disantap bersama keluarga. Ayam Panggang Ungu Mamih disajikan dengan saus presto spesial. Sambalnya menggunakan sedikit perasan jeruk nipis, membuat rasanya semakin lengket dan unik. Selain itu, ada juga sajian mulai dari nasi nusantara, nasi timur tengah hingga aneka seafood. Dan jangan lewatkan coffee bar untuk memanjakan para penikmatnya.

7

Jajanan yang satu ini enak-enak sambil jalan-jalan di Sukabumi. Foto: Gmaps/deddy hal. widjaja

Bandros Ata

Jika Anda sedang mencari makan malam di Sukabumi, jangan lewatkan Bandros Ata. Bandros adalah kue yang terbuat dari parutan kelapa, tepung beras dan santan. Pada titik ini ada beberapa varian, seperti keju, stroberi, dan vanila. Sebagai pelengkap juga ada kopi, jus jeruk dan STMJ. Jika berminat, tempat ini buka mulai pukul 20.30-06.00 WIB.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button