Berita Wisata

Open Diving Festival Sabang 2022 Resmi Dibuka, Ini Pesan Wali Kota

Sabang (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kota Sabang menyelenggarakan Sabang Open Diving Festival 2022 bertema Jelajah Keindahan Bawah Laut Pulau Weh.

Kegiatan dibuka oleh Pj Walikota Sabang Reza Fahlevi pada Sabtu (19/11) di Pantai Gapang, Gampong Iboih, Kecamatan Sukamakmue.

Reza mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu event terbaik milik Kota Sabang dengan salah satu tempat wisata bahari dan juga salah satu strategi promosi wisata yang efektif.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi dari POSI Kota Sabang dan sudah berlangsung beberapa tahun. Kegiatan ini juga merupakan salah satu strategi dan paling efektif untuk menarik wisatawan yang menyukai olahraga bawah air,” ujar Reza Fahlevi.

Gelaran Sabang Open Diving Festival 2022 ini sejalan dengan salah satu aset utama pariwisata kota Sabang yang mengangkat potensi bahari tentunya akan memberikan dampak baik bagi masyarakat, UMKM maupun dampak kelestarian lingkungan alam bahari.

Melalui kegiatan ini, ia berharap, Sabang semakin dikenal akan kekayaan wisata bawah lautnya dan juga semakin banyak masyarakat yang memahami berbagai potensi yang ada di sekitar 22 spot yang ada di Sabang.

“Jadi saya berterima kasih kepada Dinas Pariwisata Kota Sabang dan POSI Kota Sabang atas keberhasilan kegiatan ini dan saya yakin dengan bersinergi, Sabang akan menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal Azwar mengatakan Sabang Open Diving Festival 2022 bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kota Sabang serta upaya membangkitkan industri pariwisata pascapandemi COVID-19 dengan mengeksplorasi keindahan bawah laut Sabang.

Ajang ini juga harus dapat menjalin persatuan dan kesatuan atlet se-Aceh dengan mengembangkan bakat dan potensi generasi muda serta menjadi wadah penyaluran bakat bagi generasi-generasi atlet sukses.

Selain itu, Kadispar Kota Sabang menjelaskan nomor yang disengketakan adalah OBA 5 poin untuk putra dan putri, 1500 fin renang untuk putra dan 1500 fin renang untuk putri dan 1500 fin renang untuk putra khususnya yang memiliki KTP Sabang.

Peserta yang mendaftar berjumlah 79 orang, terdiri dari 12 kategori OBA 5 poin putra, 5 kategori OBA 5 poin putri, 17 kategori renang putra, 16 kategori renang putri, sedangkan renang putra khusus Sabang berjumlah 30 orang.

“Peserta ada yang dari Aceh dan ada juga yang dari luar Aceh akan memperebutkan hadiah total Rp 51,5 juta,” ujarnya.

Faisal Azwar berharap Sabang Open Diving Festival dapat menciptakan kompetisi objektif antar atlet dan menjalin silaturahmi, persatuan dan kesatuan antar atlet se Aceh.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdampak pada pendapatan asli daerah Kota Sabang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button