Berita Wisata

Masjid Al-Safar, persinggahan terbesar di rest area Purbaleunyi

LANGIT7.ID, Jakarta – Meski berada di rest area, Masjid Al-Safar memiliki bangunan yang sangat megah. Bahkan masjid yang mengusung konsep modern ini juga merupakan rest area jalan tol terbesar di Indonesia.

Melansir dari situs resmi Kota Bandung, masjid karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini memiliki daya tampung 6.000 jamaah. Bangunannya yang sangat modern dan futuristik menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Sebagai masjid persinggahan bagi para pemudik, Masjid As-Safar dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat mereka nyaman selama sholat dan sebagai tempat persinggahan. Fasilitas tersebut antara lain fasilitas penunjang seperti toilet, tempat wudhu, taman dan kolam renang.

Masjid Al-Safar, persinggahan terbesar di rest area Purbaleunyi

Masjid yang terletak di kawasan KM 88 Tol Purbaleunyi, Purwakarta, Jawa Barat ini memiliki luas bangunan 6.000 meter persegi. Serta biaya pembangunan sebesar Rp 10 miliar.

Baca juga : Dibesarkan selama 8 tahun, Masjid Sheikh Ajlin Palestina berdiri kembali

Uniknya, masjid ini dibangun tanpa kubah, sehingga bagian dalam masjid tidak memiliki tiang penyangga atap masjid. Selain itu, ketiadaan tiang penyangga membuat ruang salat semakin megah dan tidak mengganggu kesempurnaan saf.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Al-Safar sering dikunjungi oleh para pelancong karena merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat dan juga merupakan tempat foto yang Instagrammable yang menarik perhatian para pelancong.

Masjid Al-Safar, persinggahan terbesar di rest area Purbaleunyi

Karena arsitekturnya yang menarik, Masjid Al-Safar dinominasikan pada Abullatif Al Fozan Prize 2019 sebagai karya arsitektur terbaik. Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong inovasi dalam desain arsitektur masjid.

Baca juga : Waspadai ijon hutang, simak adab berhutang yang diajarkan Rasulullah SAW

(jd)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button