Berita Wisata

Keindahan Bendungan Nipah yang diresmikan Jokowi menyuguhkan pemandangan dan matahari terbenam yang menakjubkan

INDOZONE.ID – Pulau Madura merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak objek wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata religi. Salah satunya adalah Bendungan Nipah.

Selain memiliki fungsi utama mengairi lahan, bendungan ini juga menawarkan keindahan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Terletak di Desa Montor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

bendungan nipahBendungan Nipah, Sampang. (Kreator Z/Hendra Susanto)

Luas Bendungan Nipah adalah 1.150 hektar. Bendungan ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang tumbuh subur dengan suasana asri dan segar.

Pembangunan Bendungan Nipah dimulai pada tahun 1973 atas restu sejumlah ulama dan tokoh masyarakat. Pembebasan tanah dimulai pada tahun 1982, tetapi konstruksi berhenti pada tahun 1993.

bendungan nipahBendungan Nipah, Sampang. (Kreator Z/Hendra Susanto)

Setelah lama mandek, pengerjaan bendungan dilanjutkan kembali pada 2008. Pada 2016, Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Nipah. Wisata ini selalu ramai pengunjung karena pemandangannya yang indah dan sejuk.

Banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen mereka dengan berfoto di sekitar bendungan. Selain asyik berfoto, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam di sekitar bendungan yang menakjubkan dengan tebing-tebing berbatu di sekitar bendungan.

Baca juga: Bangga! Indonesia memiliki bendungan terbesar di Asia Tenggara

bendungan nipahBendungan Nipah, Sampang. (Kreator Z/Hendra Susanto)

Ada juga yang menggunakan bendungan ini untuk memancing dan menikmati matahari terbenam. Harga tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau, hanya Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp30.000 untuk mobil.

Jika Anda berkunjung ke sini ada baiknya membawa makanan atau minuman sendiri karena tidak ada warung yang berjualan di sekitar bendungan ini.

Bendungan Nipah buka mulai pukul 06:30 hingga 17:00 WIB. Namun waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata ini adalah pada pagi dan sore hari.

Artikel menarik lainnya:

Susun cerita serumu dan dapatkan berbagai hadiah menarik! mari bergabung Z-pencipta dengan mengklik di sini.

Z-penciptaZ-pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button