Tempat Wisata

Menara Merah Putih, tempat terbaik untuk menikmati panorama laut yang indah di Sabang

harga tiket: -, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kuta Barat, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; map: pemeriksaan situs

Mereka yang berlibur tidak selalu harus mengunjungi tempat wisata alam. Anda juga bisa mengunjungi wisata yang sengaja dibuat oleh tangan manusia, seperti Menara Merah Putih di Kota Sabang. Kota Sabang dikenal sebagai salah satu kota yang menawarkan banyak wisata.

Kawasan wisata di Kota Sabang ini memang mampu menarik banyak pengunjung ke kota tersebut. Misalnya wisata berupa pantai, gunung dan lain-lain. Hal lain yang bisa dilihat saat berada di Kota Sabang adalah menara yang terlihat begitu unik.

Menara ini dikenal dengan nama Merah Putih. Penamaan tersebut sesuai dengan warna menara yang dominan merah dan putih. Tempatnya sangat indah dan sangat layak untuk dikunjungi.

Daya Tarik Menara Merah Putih

Atraksi Menara Merah PutihKredit Foto: Google Maps Ichsan Darmawan

1. Menara yang indah dan unik

Daya tarik pertama dari kawasan wisata ini adalah menaranya yang terlihat begitu unik dan indah. Menara Merah Putih memiliki warna dominan merah dan putih. Menara ini berdiri di kawasan pelabuhan Sabang. Daerah ini telah menjadi salah satu tempat wisata paling populer.

Banyak sekali wisatawan khususnya warga lokal yang mengunjungi tempat tersebut saat akhir pekan tiba. Untuk itu, saat berlibur, jangan heran jika melihat beberapa turis memadati tempat tersebut.

2. Ada taman yang indah

Daya tarik Menara Merah Putih selanjutnya yang banyak dikunjungi wisatawan adalah karena pengunjung bisa menemukan taman yang begitu indah di sana. Taman di menara sangat terawat.

Karena itu tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai spot foto, terutama bagi Anda yang sangat tertarik dengan seni fotografi.

3. Pusat Kuliner

Daya tarik lain dari Menara Merah PutihKredit foto: Instagram Juleys. l

Yang membuat betah pengunjung di tempat ini adalah warung-warung yang menjajakan berbagai macam makanan khas kota Sabang yang tentunya sangat menggugah selera. Di tempat ini pengunjung yang datang tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner yang nikmat.

4. Ada jembatan apung

Atraksi selanjutnya yang juga dimiliki oleh Menara Merah Putih ini adalah jembatan apung. Jembatan apung di sana terkenal sangat indah dan Anda akan melihat beberapa perahu kecil melintas.

Dulu ada jembatan tetap di area jembatan apung yang dikenal dengan Jembatan Polisi karena letaknya persis di sebelah kantor polisi lama. Ada juga yang menyebutnya sebagai Jembatan Syahbandar karena letaknya persis di depan Kantor Kesyahbandar Sabang lama.

Kapal navigasi biasa berlabuh di jembatan, dan pelaut turis asing juga sering berlabuh di sini. Saat ini 2 nama tersebut tinggal kenangan, setelah jembatan tersebut hilang diganti dengan jembatan terapung yang terlihat begitu indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Menara Merah PutihKredit foto: Google Maps Bagoes Hardy

Bagi Anda yang tertarik untuk merasakan langsung keunikan dan keindahan Menara Merah Putih, tidak ada salahnya berwisata ke Provinsi Aceh. Tempat ini terletak di kota Sabang tepatnya di Sukakarya. Untuk menuju ke sana nanti, Anda bisa menggunakan angkutan umum.

Atau bagi Anda yang kebetulan memiliki kendaraan gratis, Anda bisa langsung meluncur ke menara. Disarankan untuk memilih kendaraan pribadi. Karena nantinya aktivitas liburan Anda akan lebih seru dan fleksibel.

Anda bisa singgah di tempat wisata lain di Kota Sabang. Sebenarnya ada beberapa tempat wisata lain di sekitar menara yang layak untuk dikunjungi. Mengenai masalahnya, jalan menuju menara ini cukup sederhana.

Jika masih ragu, Anda bisa menggunakan bantuan navigasi dari Google Maps yang sudah terpasang di smartphone Anda. Akses jalan sangat baik karena menara ini sebenarnya berada di kawasan perkotaan.

Informasi jam buka tiket masuk, tidak ada biaya masuk sama sekali. Atau dengan kata lain, disini pengunjung bisa bebas datang ke Menara Merah Putih tanpa retribusi.

Biaya berlaku hanya jika pengunjung kebetulan membawa kendaraan. Karena nantinya kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, harus diparkir di area yang telah ditentukan.

Dari segi jam pelayanan, menara ini buka 24 jam sehari. Anda bisa mengunjungi tempat tersebut pada pagi, siang atau malam hari. Tentunya jika Anda datang ke tempat ini pada saat akhir pekan, maka akan lebih seru lagi.

Karena nanti ketemu orang yang juga ingin menikmati keindahan menara. Akhir pekan adalah waktu di mana banyak pengunjung berduyun-duyun ke menara merah ini.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Menara Merah Putih

Aktivitas Menara Merah PutihKredit foto: Google Maps Ridha Rizky

1. Cari spot foto yang bagus

Ada banyak aktivitas seru dan tentunya akan membuat Anda semakin bersemangat saat berada di Menara Merah Putih. Salah satu kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan di tempat ini adalah mencari spot foto yang bagus.

Kawasan wisata bahari yang menarik ini memang terkenal memiliki peluang foto yang indah dan tentunya sangat indah. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan kamera dan smartphone untuk mengabadikan semua keindahan tersebut dalam sebuah bingkai foto.

Bagi Anda yang hobi fotografi, menara merupakan kawasan yang sangat cocok untuk mencari dan berburu foto yang Instagramable. Tak jarang para wisatawan yang datang ke tempat ini memanfaatkan momen mereka disana untuk berfoto bersama teman-teman.

2. Mendaki Menara Merah Putih

Bagi pengunjung yang penasaran dengan menara dan puncaknya, mereka diperbolehkan untuk menaiki menara nanti. Anda bisa menaiki menara ini melalui tangga yang mengelilingi menara dengan bentuk persegi panjang.

Tangga ini memang sengaja dibuat dan disiapkan untuk siapa saja yang ingin melihat menara dari atas. Begitu sampai di puncak menara, semua calon pengunjung dapat menikmati keindahan alam kawasan tersebut.

Anda bisa melihat keindahan panorama laut yang begitu indah. Apalagi jika Anda memilih sore hari. Saat senja, keindahan tempat ini tentunya lebih indah dan tak tertandingi oleh tempat lain.

Dari puncak Menara Merah Putih Anda bisa merasakan angin bertiup kencang menerpa tubuh Anda dan warna jingga langit berpadu dengan birunya laut. Kombinasi ini pasti akan menciptakan pemandangan yang luar biasa dan tak terlupakan.

Jadi wajar saja jika menjelang sore hari di puncak menara akan terlihat cukup banyak wisatawan yang cukup ramai. Hati-hati saat memanjat menara. Meskipun tangga diamankan di bagian tepinya dengan pegangan, Anda harus melangkah dengan hati-hati untuk langkah yang aman.

3. Nikmati kuliner yang nikmat

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu daya tarik Menara Merah Putih adalah tempat ini merupakan salah satu kawasan pusat kuliner di Kota Sabang. Di sekitar menara, pengunjung akan menjumpai beberapa warung makan dan penjual makanan ringan.

Bagi Anda yang hobi makan, jangan lewatkan kesempatan sekali seumur hidup ini. Di sana Anda bisa mencicipi berbagai masakan khas kota Sabang. Yang tak kalah menarik adalah harga kuliner di tempat ini sangat terjangkau.

Menikmati makanan lezat dan minuman segar sambil mengamati keindahan laut di dekat menara tentu menjadi ide yang tepat.

Fasilitas yang tersedia di area menara

Fasilitas Menara Merah PutihKredit foto: Sabang Tourism Facebook

Mengenai fasilitasnya sendiri, Menara Merah Putih telah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Tak jauh dari tempat ini Anda bisa dengan mudah menemukan posisi toilet.

Begitu juga dengan beberapa tempat parkir yang telah disediakan untuk tempat parkir yang cukup luas dan dijaga ketat. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung saat ingin memarkir kendaraan.

Fasilitas lain yang juga bisa ditemui adalah warung makan dengan berbagai makanan enak. Berlibur di tempat ini tentunya akan membuat pengalaman liburan Anda semakin seru. Apalagi di malam hari Anda bisa menemukan fasilitas berupa lampu-lampu yang berkelap-kelip indah.

Inilah penjelasan tentang Menara Merah Putih di Kota Sabang. Bagi Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke kota tersebut, tak ada salahnya untuk berhenti sejenak di menara ikonik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button