Berita Wisata

Surga Tersembunyi di Desa Merak Situbondo

WAKTU JATIM – Hingga saat ini Kabupaten Situbondo di Jawa Timur lebih dikenal dengan wisata Pantai Pasir Putihnya. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak surga tersembunyi di Situbondo. Tepatnya di sebuah desa di sisi utara Taman Nasional Baluran bernama Kampung Merak. Sebuah desa yang tidak semua orang tahu karena lokasinya yang dulunya sulit diakses.

Nah, dengan dibukanya surga tersembunyi di Kampung Merak, perlahan kampung yang dijuluki sebagai Kampung 1000 Sapi itu kini mulai melebarkan pesonanya ke dunia luar. Inilah surga tersembunyi Kampung Merak.

1. Pantai Sijile

Suasana pagi di Pantai Sijile merupakan salah satu kenikmatan dunia yang tak tergantikan. Pantai yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran ini memiliki semenanjung atau daratan yang menjorok ke laut menyerupai ludah pasir putih. Pantai di desa Sumberwaru juga dikelilingi oleh pohon bakau sehingga suasana di sini menyejukkan mata. Selain itu, air lautnya tenang sehingga pengunjung diperbolehkan untuk berenang di sekitar pantai.

2. Pantai Lempuyang

Jika Anda suka berkemah, maka berkemah di Pantai Lempuyang adalah pilihan yang tepat. Deburan ombak yang tenang, pasir putih, pemandangan perbukitan yang indah serta bebatuan yang menjulang tinggi di tepi pantai merupakan kombinasi yang istimewa dari Pantai Lempuyangan. Sore harinya, kita akan disuguhi sunset yang sangat indah. Di malam hari, seseorang bisa menikmati Milky Way sambil bercengkerama mesra dengan orang-orang tersayang. Di pagi hari, sunrise yang tak kalah megah akan menyapa kita di sisi timur Pantai Lempuyang.

3. Pantai Kakapa

Ingin berwisata ke Labuan Bajo tapi tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk berwisata ke Nusa Tenggara Timur (NTT)? Ayo ke Pantai Kakapa! Eksotisme pantai ini tidak kalah dengan Labuan Bajo. Apalagi jika dilihat dari atas bukit. Apalagi ada sebuah pulau di depan pantai pasir putih ini. Saat laut surut, pengunjung bisa menyeberangi pulau dengan menyusuri pasir pantai.

4. Pantai Balanan

Pantai Balanan merupakan salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Situbondo. Air lautnya sangat jernih dan keanekaragaman biota lautnya masih sangat terjaga. Hamparan pasir putih dan tebing-tebing tinggi membuat pantai ini menjadi pemandangan indah yang memanjakan mata.

Baca juga: Mengenal Koh Panyee, Desa Terapung di Thailand yang Dihuni Muslim dari Pulau Jawa

Kabar baiknya, surga tersembunyi di bagian utara Taman Nasional Baluran ini semakin menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Situbondo dan Pengelola Taman Nasional. Akses menuju ke sana yang dulunya sulit untuk dilintasi, kini telah diperbaiki dan menjadi mudah diakses. Pembangunan akses jalan tersebut diharapkan dapat menghadirkan surga tersembunyi di Kampung Merak bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu, pembangunan jalan akses dilakukan dengan tetap menjaga keaslian, keindahan dan kelestarian ekosistem yang terdapat di sana.

Program ini telah diterima dengan baik oleh masyarakat Kampung Merak. Aris, salah satu tokoh masyarakat di Desa Merak, mengaku perbaikan jalan ini sudah lama diharapkan warga.

“Indonesia merdeka 77 tahun yang lalu. Saat itu kami masyarakat Kampung Merak belum merasakan kemerdekaan ini. Kami masyarakat Kampung Merak sangat mengharapkan perbaikan jalan ini sejak lama Memperbaiki jalan dan membuka wisata pantai di sekitar kampung ini adalah pintu gerbang bagi kami, masyarakat Dusun Merak merasa mandiri dan bisa berkembang mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, dll. Alhamdulillah pemerintah mulai memperhatikan potensi yang dimiliki disini. Sebagai warga Merak, kami sangat terbantu dengan program ini,” jelas Aris.

Dengan demikian, kemerdekaan mulai dirasakan oleh masyarakat Kampung Merak. Dunia juga akan mengakui bahwa banyak surga yang tersembunyi di Kabupaten Situbondo.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button