Berita Wisata

Sleman Temple Run 2022, pelari dari 18 negara melintasi rute candi eksotis

TEMPO.CO, Yogyakarta – Acara wisata olahraga Sleman Temple Run 2022 akan kembali digelar. Kini Candi Banyunibo Sleman Yogyakarta berdiri, Minggu 20 November 2022.

Acara ini menarik 659 pelari profesional dan pemula dari 18 negara. Selain Indonesia, peserta dari Argentina, Australia, Belanda, Belgia, Kanada, Hungaria, India dan Inggris juga ikut ambil bagian. Ada juga pelari dari Jerman Barat, Norwegia, Sri Lanka, Swiss, Siprus, AS, Vietnam, Yunani, dan Zimbabwe.

“Kami senang event balap ini dihidupkan kembali, sehingga peserta dari berbagai negara bisa hadir secara langsung dan melihat lebih dekat berbagai potensi wisata Sleman,” ujar Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang melepas para pelari.

Kustini mengatakan untuk memulihkan sepenuhnya sektor pariwisata di Sleman setelah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 membutuhkan banyak event yang harus digelar kembali. Sebab, menurut dia, hanya melalui event seperti ini wisatawan domestik dan mancanegara mengetahui destinasi Sleman Yogyakarta sudah bisa dikunjungi.

“Keberadaan event juga berperan penting dalam meningkatkan daya tarik destinasi, sehingga kolaborasi tersebut akan mempercepat pemulihan pariwisata pasca pandemi,” kata Kustini.

Penyelenggaraan event lari Sleman Temple Run 2022 ini mempertemukan tidak kurang dari 659 pelari profesional dan pemula yang terbagi dalam 3 kategori lari yaitu 25K, 13K dan 7K.

Pelaksanaan Sleman Temple Run tahun ini juga mengambil rute sekitar Candi Banyunibo, Candi Ijo, Candi Miri, Situs Riyadi dan beberapa kawasan lainnya yang menonjolkan potensi wisata candi dan alam di wilayah Sleman.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ishadi Zayid mengatakan tahun 2022 ini merupakan penyelenggaraan Sleman Temple Run yang ketujuh kalinya. Menurutnya, Sleman Temple Run merupakan salah satu sarana utama di kabupaten tersebut dalam memperkenalkan potensi wisata Sleman baik secara nasional maupun internasional.

“Kami berharap kondisi pariwisata pascapandemi berangsur membaik sehingga keikutsertaan Sleman Temple Run tahun depan juga meningkat,” kata Ishadi.

Baca juga : Kunjungi Borobudur Edupark, ketahui bagaimana candi Borobudur dibangun

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button