Tempat Wisata

Air Terjun Tansaran Bidin, air terjun yang indah dengan panorama alam yang mempesona di Aceh

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tansaran Bidin, Kec. Kota, Takb. Bener Meriah, Aceh; map: pemeriksaan situs

Pesona alam Aceh selalu menyuguhkan keindahan alam bagi wisatawan, tak terkecuali Air Terjun Tanzania Bidin. Tempat wisata estetik ini mampu menarik banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu hingga berjam-jam tanpa merasa bosan. Lokasinya berada di tengah hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

Berlibur di kawasan air terjun Tanzania Bidin mungkin bisa menjadi alternatif yang tepat saat berada di Aceh. Meski lokasinya agak jauh dari pusat kota, tentu tidak akan mengecewakan. Sebaliknya, objek alam tersebut menjadi solusi bagi wisatawan yang mencari tempat sepi penuh petualangan.

Namun, ingatlah selalu untuk menjaga kesehatan diri sendiri sebelum berwisata ke Air Terjun Tansaran Bidin. Tentunya bagi anda yang suka menjelajah dan menantang adrenalin, akan sangat seru mengunjungi tempat air terjun yang indah ini. Anda harus merasakan keunikan air terjun ini secepatnya.

Daya Tarik Air Terjun Tanzaran Bidin

Daya Tarik Air Terjun Tanzaran BidinSumber gambar: Twitter jalan perjalanan

1. Memiliki jalur yang menantang

Bagi sebagian orang, jalur pendakian dengan kontur tanah yang menantang dan sulit mungkin akan sedikit mengganggu. Namun, ada pula yang beranggapan bahwa sulitnya menjangkau objek wisata itu mengasyikkan tersendiri. Jika Anda adalah orang yang tertarik dengan jalur berbahaya, cobalah untuk pergi ke lokasi air terjun ini.

Air Terjun Tansaran Bidin tersembunyi di tengah hutan sehingga tidak dapat diakses oleh kendaraan apapun. Bahkan jauh dari pemukiman penduduk setempat. Selama proses pendakian, wisatawan akan merasa seperti menaklukan lembah yang curam karena tidak ada pagar, sehingga disarankan untuk berhati-hati.

Kemudian pohon dan gulma tersebar di seluruh area, semakin mengurangi jarak pandang. Ditambah lagi dengan medan yang tidak rata serta tikungan dan tanjakan yang tajam. Karena kondisi ini, disarankan agar Anda menggunakan jasa pemandu lokal untuk menghindari bahaya.

Meskipun tidak diharuskan, akan lebih baik jika Anda ditemani oleh seseorang yang berpengalaman dalam menaklukkan hutan belantara di sana. Karena terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi tempat tersebut, ada kemungkinan tersesat.

2. Memiliki aliran sungai yang menenangkan

Perjalanan Anda menuju Air Terjun Tansaran Bidin akan semakin seru karena terdapat aliran sungai kecil yang suaranya sangat menyejukkan jiwa dan raga. Selain itu, kondisi airnya sangat jernih dan hanya dipenuhi oleh daun-daun yang berguguran. Ini menciptakan kesan yang tidak akan pernah dilupakan oleh para petualang.

Semakin mendekati pusat kawasan air terjun, semakin keras suara aliran airnya. Sebelum itu, Anda bisa melihat keindahan Bukit Barisan dan juga hamparan perkebunan yang mempesona dari jauh. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan rute yang Anda lalui.

3. Ada tebing yang mantap

Tepat sebelum wisatawan tiba di tengah air terjun yang tingginya mencapai 50 m, mereka menemukan lanskap tebing batu yang sangat besar. Tebing yang ditumbuhi rerumputan liar dan becek, namun keindahannya tetap mampu menarik minat banyak wisatawan. Tidak jarang turis menjadikan ini tempat pertama mereka untuk selfie.

Memang air terjun ini bukan satu-satunya tempat yang menyuguhkan alam indah dengan pemandangan yang mempesona, namun daya tariknya sulit ditolak. Selain itu, wisatawan bisa merasakan keindahan alamnya dari atas atau dari ketinggian.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tanzaran BidinKredit foto: Google Maps Sultan Layur

Paling tidak, Anda harus menempuh jarak hingga 35 km jika berangkat dari pusat Kabupaten Bener Meriah untuk menuju Air Terjun Tansaran Bidin di Provinsi Aceh. Ini juga belum masuk dalam antrean, yaitu harus menyeberang dari pemukiman penduduk selanjutnya untuk menuju ke lokasi wisata air terjun.

Alamatnya terletak di desa Tansaran Bidin, yang membutuhkan upaya ekstra dan tenaga yang sangat baik bagi wisatawan untuk sampai ke sana dengan selamat. Medannya sendiri terjal dengan akses kendaraan terbatas dan seolah menjadi arena untuk menguji keberanian Anda saat melintasi hutan belantara untuk menjelajahi keajaiban air terjun terpencil di Kecamatan Bandar ini.

Harga tiket masuk Air Terjun Tanzaran Bidin

Tiket masuk Air Terjun Tanzaran BidinKredit foto: Instagram Benermeriahrepost

Anda bisa datang dan juga pergi ke lokasi Air Terjun Tanzaran Bidin ini tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. Hal ini dikarenakan keberadaan air terjun ini terjadi secara alami dan masih belum menyediakan fasilitas yang memadai. Anda juga dapat mengatur waktu kedatangan Anda kapan saja dengan menyesuaikan waktu luang Anda.

Meski demikian, sebagian besar wisatawan datang pada pagi hari untuk menikmati keindahannya secara maksimal. Apalagi mengingat air terjun tersebut berada di tengah hutan belantara. Ini mungkin diperlukan hingga berkali-kali jika Anda ingin berkemah di area tersebut.

Aktivitas menarik di Air Terjun Tanzania Bidin

Aktivitas Air Terjun Tanzaran BidinKredit foto: Facebook Hendri Al Buchori

1. Mainkan air

Wisatawan bisa berenang atau sekedar mencelupkan kaki di kolam atau sungai di bawah Air Terjun Tansara Bidin. Selain itu, di kawasan ini tidak ada larangan bagi wisatawan yang ingin menjelajahi kolam atau sungai. Hanya saja, Anda harus selalu berhati-hati dan menggunakan peralatan keselamatan yang tepat jika memungkinkan.

Pasalnya, pernah terjadi kecelakaan wisata yang tidak diinginkan di air terjun ini. Disarankan untuk memilih tempat bermain air di bagian yang memang membentuk kolam, bukan di dekat tempat jatuhnya air.

2. Piknik dan relaksasi

Mengajak teman-teman menyusuri hutan rimbun untuk piknik santai di dekat Air Terjun Tansaran Bidin wajib dicoba tentunya. Bawa bekal sendiri dari rumah dan pastikan alas duduk yang bersih dan nyaman sudah siap.

Anda bisa menikmati pemandangan alam air terjun sambil menikmati jajanan lezat. Kegiatan seperti ini pasti menyenangkan bagi banyak wisatawan.

3. Berburu foto

Pesona luar biasa yang ditawarkan oleh air terjun unggulan di Aceh ini layak untuk diabadikan oleh wisatawan dalam kamera. Ada banyak tempat alami yang bisa menjadi latar belakang ideal bagi para fotografer, seperti air terjun, lembah, sungai, bebatuan, atau sekadar dedaunan yang berguguran. Tentu saja, foto-foto tersebut menunjukkan keindahan alam yang alami.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pendirian Air Terjun Tanzaran BidinKredit Foto: Hanya Google Maps Ichwan Armi Maliki

Air Terjun Tanzania Bidin dinobatkan sebagai surga tersembunyi paling populer oleh Kementerian Pariwisata Indonesia pada tahun 2019. Itu tentu tidak banyak fasilitas wisata yang bisa diharapkan di tempat ini. Tempatnya terpencil dan jauh dari pemukiman penduduk bahkan di tengah hutan belantara.

Di satu sisi kealamiannya menjadi daya tarik bagi wisatawan, namun di sisi lain menjadi agak sulit ketika ingin memenuhi kebutuhan pokok seperti warung dan toilet. Bahkan untuk memarkir kendaraan, wisatawan harus melakukannya di tempat yang jauh dari air terjun.

Alangkah baiknya bisa melakukan kebutuhan sehari-hari seperti menyiapkan makanan di rumah atau berbelanja saat bepergian. Apalagi jika wisatawan berencana menghabiskan hari di sana untuk berlibur dalam jangka waktu yang lebih lama. Dengan begitu, membawa perbekalan sendiri adalah keputusan terbaik.

Demikian pemaparan informasi mengenai Air Terjun Tanzania Bidin yang menyimpan banyak keindahan tersembunyi di tengah hutan. Air terjun ini juga dekat dengan lembah dan sungai sehingga keindahannya semakin terasa. Meski infrastruktur dan medan agak sulit, wisata ini tidak mengecewakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button