Berita Wisata

Sulawesi Tengah memiliki potensi sumber daya perikanan yang strategis dengan garis pantai sepanjang 472 km di Teluk Tomini

SULTEN METRO– Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan acara Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah baru pertama kali diadakan di suatu daerah atau di luar ibu kota negara.

“Biasanya peringatan Harkanas dilakukan di ibu kota negara, namun kali ini kita mencoba sesuatu yang baru dan melihat potensi daerah di bidang kelautan dan perikanan berkat momentum ini,” kata Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono saat menghadiri KTT. Hari peringatan Harkanas di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dilaporkan Antara, Senin.

Baca Juga: Pemprov Kepri Kenalkan Produk Olahan Ikan Di Harkanas Berpusat di Sulteng, Ada Kerupuk Tenggiri

Ia mengatakan, Parigi Moutong merupakan salah satu kawasan yang memiliki potensi pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan yang strategis, yang didukung oleh garis pantai sepanjang sekitar 472 kilometer di kawasan Teluk Tomini.

Oleh karena itu, Harkanas yang diperingati setiap tanggal 21 November merupakan dorongan untuk merefleksikan kembali pentingnya makan ikan bagi masyarakat, yang tidak hanya berakhir pada tataran seremonial, tetapi harus dilaksanakan dalam bentuk program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. dampak sosial ekonomi yang positif.

Baca Juga: Peringatan Puncak Harkanas Meriah, Ini Pengajuan Gubernur Sulteng

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan pihak-pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan program nasional ini,” ujar Sakti.

Program nasional KKP pertama kali dilaksanakan pada tanggal 21 November 2014 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan, serta mengingat Indonesia memiliki kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan yang harus dimanfaatkan secara optimal, dengan sistem pengelolaan yang mengutamakan kelestarian lingkungan.

Ia berharap dengan diselenggarakannya peringatan Harkanas tahun 2022 dapat meningkatkan peran dan sinergi semua pihak dalam memperkuat ketahanan pangan nasional di sektor kelautan dan perikanan.

Baca juga: Daun pakis (paku) mengandung banyak nutrisi dan kaya manfaat untuk tubuh, juga baik untuk ibu hamil

“Semoga semangat Harkanas kali ini menginspirasi daerah lain untuk merangkul agenda ini,” kata Sakti.

Pada peringatan Harkanas ke-10 Tahun 2023, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menetapkan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah.***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button