Berita Wisata

LIBUR di pantai barat daya jawa ada gempa, khawatir tsunami, apa yang harus dilakukan, ini tipsnya

KANTORJABAR – Pantai Jawa Barat Selatan menawarkan tempat wisata alam yang eksotik untuk dikunjungi saat berlibur.

Maka tak heran jika di pesisir selatan Jawa Barat ini terdapat banyak pilihan destinasi wisata pantai, yakni Pangandaran, Cipatujah, Karang Pawulang, Batu Karas, Santolo, Ranca Buaya, Jayanti, Palabuhanratu, hingga Ciletuh.

Namun tidak dipungkiri bahwa pantai selatan Jawa merupakan zona yang berpotensi seismik, karena letaknya di lempeng Eurasia dan subduksi lempeng Indo-Australia yang merupakan sesar aktif.

Nah, jika Anda sedang berlibur di pesisir selatan Jawa Barat dan terjadi gempa bumi serta khawatir dengan gelombang tsunami, apa yang harus Anda lakukan? Ada tips yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Polres Bogor Akhiri Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop yang Kewalahan, Mahfud MD Putuskan Kasus Dilanjutkan

BMKG dalam laporannya menyebutkan, sebagian besar tsunami yang terjadi di Indonesia merupakan tsunami lokal yang disebabkan oleh gempa tektonik.

Dengan demikian, penduduk zona gempa, khususnya wilayah pesisir, akan mendapat peringatan dini alami tsunami, yaitu gempa tektonik.

BMKG mengatakan jika warga merasakan getaran gempa kuat atau gempa yang bergoyang lemah namun berlangsung lama, masyarakat harus segera melakukan evakuasi mandiri tanpa menunggu peringatan dini tsunami atau perintah evakuasi dari pihak berwenang. .

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda ikuti jika sedang berlibur di pesisir selatan Jawa Barat dan terjadi gempa bumi serta takut akan gelombang tsunami.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner Legendaris di Bandung, Mie Kocok H Amsar, Kuah dan Kikil Aslinya Enak

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button