Berita Wisata

5 jalur kereta api paling unik di dunia, ada yang melintasi jalur pesawat

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kereta api adalah alat transportasi yang menawarkan pemandangan jutaan pesona kepada penumpangnya. Berbagai rute kereta api di beberapa negara menawarkan pemandangan indah dan pengalaman tak terlupakan.

Pemandangannya bukan lagi berupa tebing atau hamparan sawah yang luas. Melansir akun Instagram resmi Ditjen Perkeretaapian, ada beberapa perkeretaapian paling unik di dunia.

Ingin tahu apa yang unik? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Kereta api di laut

Jalur kereta api di atas laut (instagram.com/ditjenperetaapian)

Jalur kereta api di tengah laut? Bagaimana rasanya naik kereta api yang melintasi lautan? Jalur kereta api yang membentang lebih dari 11 km di Jerman ini disebut Hindenburgdamn. Rute ini menghubungkan pulau Sylt di Frisian Utara dengan daratan utama Schleswig-Holstein.

Menurut Amusing Planet, jalur kereta Hindenburgdamn dibangun oleh Paul von Hidenburg. Hingga kini, jalur kereta api yang diresmikan pada 1927 itu setiap hari dilintasi ratusan kereta api. Terutama untuk transportasi mobil.

2. Rel kereta api melintasi lintasan

Kereta Api Gisborne (instagram.com/aviationmediatz)

Pernahkah Anda membayangkan sebuah kereta melintasi rel? Ya, adegan itu terjadi di Selandia Baru, tepatnya di bandara Gisborne. Kereta akan melintasi jalur antara pukul 06:30 dan 20:30.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, pramugari dan agen yang bekerja di ruang kontrol pesawat harus bekerja sama. Dengan demikian, saat melintasi landasan pacu, operator kereta api harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pengatur lalu lintas udara (ATC).

3. Jalur kereta api spiral Brusio

Rel Spiral Brusio (instagram.com/civilengineeringtr)

Jalur kereta unik berikutnya ada di Swiss dengan jalur kereta spiral. Rel spiral Brusio memiliki panjang sekitar 110 meter. Kereta api berjarak sekitar 55 km dari St. Moritz merupakan bagian dari Kereta Api Bernina antara Campascio dan Brusio.

Rel spiral Brusio adalah rel tunggal dengan 9 penopang di atas saluran air di Brusio, kanton Grisons, Swiss. Bukan tanpa alasan, rel ulir ini dibangun untuk memungkinkan kereta api mendaki tempat yang lebih tinggi dalam jarak yang relatif pendek.

4. Jalur kereta api yang melintasi bangunan berpenghuni

Transportasi Rel Chongqing (instagram.com/chinamatters__)

Di Chongqing, China, Anda akan menemukan perlintasan sebidang yang terbilang unik. Pasalnya, jalur kereta api memasuki gedung apartemen 19 lantai.Angkot yang dipenuhi gedung pencakar langit tercipta akibat berkurangnya lahan untuk jalur transportasi.

Chongqing Rail Transit dibuka pada tahun 2004 untuk memudahkan warga naik kereta di Stasiun Liziba yang terletak di lantai 6-8 gedung. Kebisingan kereta di stasiun monorel dipasang untuk mengurangi kebisingan.

5. Jalur kereta paling romantis

Stasiun Gyeonghwa (instagram.com/obowzo)

Masih ada lagi nih, jalur kereta paling romantis. Dimana lagi kalau bukan di Korea Selatan. Stasiun Gyeonghwa, penyeberangan di Kota Jinhae ini sangat Instagrammable. Tak hanya sebagai stasiun kereta api, tapi juga sebagai spot foto yang keren, apalagi saat musim semi tiba.

Anda bisa menikmati keindahan bunga sakura saat kereta melewati ratusan pohon berwarna merah muda. Bagi wisatawan, tempat ini menjadi eksotis dan romantis.

Bagaimana cara membuat karakter uniknya penasaran? Dari kelima jalur kereta api di atas, jalur kereta mana yang ingin Anda ambil?
(fhm/sumber:idntimes)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button