Berita Wisata

Bukan liburan akhir tahun seperti biasanya? Cobalah desa wisata

Jakarta

Masih mencari lokasi wisata yang cocok untuk liburan akhir tahun? Traveler bisa mencoba kunjungan ke desa wisata terdekat. Hingga akhir tahun ini, akan ada 100 perjalanan terorganisir ke desa wisata yang disiapkan pemerintah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meluncurkan program Desa Wisata Beli Kreatif (Beti Dewi) untuk mempromosikan paket desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia.

Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Made Ayu Marthini mengatakan, paket-paket tersebut merupakan hasil terbaik yang diselenggarakan oleh pengelola desa wisata dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di desanya masing-masing.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

“Sejak tahun 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah memberikan Penghargaan Desa Wisata (ADWI), sehingga kami ingin mempromosikan dan menjual paket wisata ke desa wisata agar masyarakat Indonesia memiliki pilihan destinasi liburan baru yaitu ke desa wisata,” kata Ni Made Ayu Marthini.

Untuk saat ini Kemenparekraf hanya bekerja sama dengan Monsieur Aladdin namun kedepannya juga akan diperluas dengan pihak lain. Khususnya dengan memperbanyak pilihan paket wisata dimana pada tahun 2023 akan disiapkan 500 paket wisata desa dan 1.000 paket wisata desa pada tahun 2024.

Director of Operations Bapak Aladdin Nitha Sudewo mengatakan pihaknya sangat senang dapat mendukung program Beti Dewi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata. Apalagi dalam menyambut libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pihaknya memberikan promo spesial.

“Untuk mengakomodir hari raya Nataru, kami memberikan diskon 25% khusus produk desa wisata. Promo ini berlangsung selama satu bulan hingga bulan depan,” kata Nitha Sudewo.

Melalui paket tersebut, masyarakat dapat memiliki pilihan liburan lainnya seperti menginap di homestay, berkemah, memerah susu kerbau, belajar memainkan alat musik tradisional, menjelajah alam dan masih banyak lagi sambil berinteraksi dengan penduduk lokal di desa wisata. Ia pun mengajak para pengelola desa wisata untuk ikut serta memasukkan paket wisatanya ke dalam program ini.

“Selama dua minggu ini banyak teman desa wisata yang sangat kooperatif memasukkan produknya di platform Mister Aladdin, dengan fitur khusus desa wisata,” kata Nitha.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), berharap “Beti Dewi” yang merupakan program lanjutan dari ADWI dapat meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan. kunjungan ke desa wisata agar dapat terus mendorong pemulihan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Pengembangan desa wisata menjadi lokomotif untuk menjaga dinamika pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Semoga program ini semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata,” kata Menparekraf sandiaga dalam siaran pers, Rabu (23/11/2022).

Simak Videonya “Desa Wisata Hanjeli Memukau Sandiaga Uno”
[Gambas:Video 20detik]
(dd/wsw)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button