Berita Wisata

8 Tempat Wisata di Balikpapan yang Menarik, Menampilkan Pemandangan Alam yang Eksotis

Merdeka.com – Ada berbagai wisata menarik di berbagai pelosok tanah air yang bisa dinikmati bersama keluarga. Salah satu daerah yang banyak dikunjungi menarik adalah kota Balikpapan.

Balikpapan dianggap sebagai kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Samarinda. Selain sebagai kota besar, Balikpapan juga dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan eksotik.

taboola tengah artikel

Hal ini disebabkan letak geografis kota Balikpapan yang cenderung berada di pesisir pantai. Dengan demikian, Balikpapan memiliki banyak sekali wisata pantai yang indah dan menawan.

Selain wisata pantai dan baharinya yang menarik, ada juga berbagai tempat wisata di Balikpapan berupa hutan, perbukitan, kuliner yang dapat memanjakan para pelancong. Tak heran jika banyak wisatawan yang melewati berbagai tempat wisata di Balikpapan tersebut.

Oleh karena itu, berbagai tempat wisata di Balikpapan bisa menjadi destinasi baru yang baik untuk dikunjungi. Merdeka.com berikut merangkum 8 tempat wisata di Balikpapan yang bisa menjadi referensi Anda untuk mengisi waktu liburan.

2 dari 5 halaman

Pemandangan & Tengara di Balikpapan

1. Pantai Manggar Segara Sari

Tempat wisata di Balikpapan yang pertama adalah Pantai Manggar Segara Sari. Di pantai ini saja pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan eksotik.

Pantai ini sangat cocok menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik, karena Anda bisa menikmati pemandangan laut dan bermain perahu. Banyak juga warung makan yang menawarkan berbagai kuliner lokal kepada wisatawan.

keindahan pantai doha menjelang piala dunia 2022

©2022 REUTERS/Hamad I Mohammad

2. Pantai Melawai

Apalagi tempat wisata di Balikpapan yang kedua adalah Pantai Melawai. Pantai ini berada tepat di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kota Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selain keindahan pemandangannya, traveler juga bisa menikmati indahnya sunset. Jika ingin berkunjung ke Pantai Melawai ada baiknya datang pada malam hari karena banyak tempat dengan kuliner khas Balikpapan.

3 dari 5 halaman

Pemandangan & Tengara di Pantai Balikpapan

3. Pantai Sepinggan

Sedangkan tempat wisata di Balikpapan selanjutnya adalah Pantai Sepinggan. Di pantai ini, traveler juga bisa menikmati momen sunset.

Sebab, tempat ini menampilkan keindahan langit jingga ditambah pantulan cahaya matahari di permukaan air. Tak heran jika banyak wisatawan betah di Pantai Sepinggan.

Oleh karena itu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini bersama orang-orang terdekat. Selain pemandangan, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner yang dijajakan oleh para pedagang di lokasi.

peternakan buaya di india

©2020 REUTERS/P. Ravikumar

4. Penangkaran Buaya Teritip

Tempat wisata Balikpapan keempat yang bisa dikunjungi adalah Penangkaran Buaya Teritip. Tempat ini merupakan salah satu sirkuit Balikpapan yang memiliki area penangkaran seluas 5 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 1.000 ekor buaya.

Di sini Anda bisa mengamati berbagai jenis buaya. Oleh karena itu, tempat ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

4 dari 5 halaman

Tempat wisata di Balikpapan yang menarik

5. Kebun Raya Balikpapan

Sedangkan tempat wisata di Balikpapan selanjutnya adalah Kebun Raya Balikpapan. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, Anda bisa langsung menuju ke Kawasan Hutan Lindung Wain.

Di tempat ini Anda juga bisa menikmati kawasan Kebun Raya Balikpapan bersama keluarga yang selalu asri dan segar. Di sini Anda juga bisa mengamati pelestarian alam berupa tanaman berkayu, berbagai jenis tanaman obat, dan berbagai jenis anggrek.

beruang hitam

©REUTERS/Jim Urquhart/File

6. Konservasi Beruang Madu

Selain buaya, tempat wisata di Balikpapan yang bisa Anda kunjungi selama liburan di Balikpapan adalah konservasi beruang madu. Tempat yang digunakan untuk konservasi digunakan sebagai tempat wisata dan dapat dikunjungi oleh pengunjung.

Beruang madu adalah maskot kota Balikpapan. Beruang madu termasuk hewan langka dan dilindungi karena terancam punah.

5 dari 5 halaman

Tempat wisata eksotis di Balikpapan

7. Bukit Batu Tembok

Selain menawarkan pemandangan pantai yang indah, tempat wisata di Balikpapan ini menawarkan suasana perbukitan, salah satunya Bukit Bangkirai. Selagi berada di sini, jangan lupa untuk mengunjungi Bukit Batudinding.

Tempat ini merupakan wisata Balikpapan yang menawarkan pemandangan alam dengan hutan yang rimbun. Tempat ini bisa menjadi tempat wisata yang cukup untuk menyaksikan pemandangan sunset dan sunrise. Selama ini pengunjung juga bisa melihat keindahan dan keasrian hutan dengan pepohonan tinggi yang indah.

Balikpapan

©Instagram/novila94

8. Hutan Lindung Sungai Wain

Tempat wisata Balikpapan terakhir yang bisa dikunjungi adalah Hutan Lindung Sungai Wain. Situs ini akan memiliki luas sekitar 10.000 hektar.

Tak heran jika tempat ini dijadikan habitat khusus bagi berbagai jenis flora dan fauna langka dan dilindungi. Contohnya adalah orangutan, beruang madu, bekantan, kantong semar, hingga tumbuhan endemik Jahe Balikpapan.

(mdk/mdt)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button