Berita Wisata

Destinasi wisata di Panti-Jember yang wajib dikunjungi

Panti merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jember yang memiliki sejumlah destinasi wisata menarik. Letaknya yang berada di lereng Gunung Argopuro menjadikan kawasan ini sejuk dan asri, sehingga cocok untuk rehat sejenak dari rutinitas dan menjauh dari hiruk pikuk kota.

Ada wisata alam, wisata edukasi, agrowisata yang bisa anda kunjungi disini. Kebanyakan dari mereka cocok untuk keluarga dan anak-anak.

Apakah Anda ingin pergi berlibur, tetapi Anda masih tidak tahu ke mana harus pergi? Berikut lima destinasi wisata di kecamatan Panti, Jember yang bisa masuk dalam rencana liburan Anda.

1. Air Terjun Tapak

5 Destinasi Wisata di Panti-Jember yang Wajib Dikunjungi, Seger Abis!Air Terjun Tancak (instagram.com/asfahmi)

Air Terjun Tancak adalah salah satu air terjun paling populer dan sering dikunjungi di Jember. Lokasinya berada di kaki Gunung Pasang, gunung yang dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik. Bagi Anda yang ingin datang ke sini, Anda harus meninggalkan kendaraan Anda dan kemudian berjalan kaki.

Air terjun setinggi 82 meter ini letaknya cukup jauh dari loket utama. Rute yang harus Anda tempuh adalah tanah dan bebatuan, sehingga membutuhkan kondisi fisik yang prima. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar dengan keindahan air terjun dan segarnya udara.

Sepanjang jalan Anda bisa menemukan perkebunan kopi. Meski kondisi jalur yang Anda tempuh relatif mudah, Anda tetap harus berhati-hati di pagi hari atau saat hujan. Jalanan beraspal akan lebih licin saat basah.

Lokasi: Bukit Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

2. Agrowisata Boma Gunung Pasang

5 Destinasi Wisata di Panti-Jember yang Wajib Dikunjungi, Seger Abis!Agrowisata Boma Gunung Pasang (instagram.com/saidda.fitria)

Agrowisata Boma Gunung Pasang yang berdiri sejak tahun 2009 ini merupakan pemanfaatan kebun yang porak poranda pasca banjir bandang tahun 2006. Saat ini terdapat berbagai macam tanaman hias dan sungai yang jernih. Sering juga menjadi tempat berkemah.

Selain udara segar dan alam, ada taman bermain anak dan beberapa tempat mengambil gambar. Jika ingin menjelajah lebih jauh, Anda bisa mencoba wisata edukasi karet dan kopi. Dilengkapi pula dengan mushola dan gazebo sebagai fasilitas yang membuat betah berlama-lama disini.

Lokasi: Diapit oleh Desa Suci dan Desa Kemiri tepatnya di Afdeling Boma Gunung Pasang, Argopuro, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

3. Desa Wisata Kemiri

5 Destinasi Wisata di Panti-Jember yang Wajib Dikunjungi, Seger Abis!Desa Wisata Kemiri (instagram.com/wisatakemiri)

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Desa Kemiri merupakan salah satu wisata edukasi yang terkenal akan kopi Arabica dan Robusta. Desa ini juga memiliki usaha kecil dan menengah (UKM) yang memproduksi jamur tiram, biji kopi, minyak atsiri dan makanan kemasan. Lebih menarik lagi dengan cuaca sejuk menghadap Gunung Argopuro.

Sejumlah destinasi yang bisa Anda kunjungi di desa ini antara lain Kemiri Resort, Wisata Industri Kreatif dan Kemiri Adventure. Jika ingin beristirahat dan menghilangkan rasa lapar, tersedia kantin dan Kafe Sawah yang siap memanjakan Anda.

Lokasi: Dusun Delima, Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Baca juga : [QUIZ] Dari kebiasaan Anda menonton sepak bola, inilah wisata yang tepat untuk dikunjungi di Qatar

4. Kunjungi Sentool

5 Destinasi Wisata di Panti-Jember yang Wajib Dikunjungi, Seger Abis!Sentool Pariwisata (instagram.com/agrowisatasentool)

Wisata Sentool merupakan destinasi baru di Jember mulai tahun 2021. Wisata ini menawarkan kolam renang anak, off roaddan tentu saja tempat gambar yang menarik. Wisata petik buah juga dikembangkan, seperti jeruk dan alpukat.

Destinasi wisata di lereng Gunung Argopuro ini sering menjadi tujuan wisata keluarga dan anak muda. Selain suasananya yang asri dan wahana permainan yang menyenangkan membuat anak senang, orang tua bisa bersantai di sana sambil menikmati udara segar.

Lokasi: Dusun Glenseran, Seda Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

5. Desa Durian

5 Destinasi Wisata di Panti-Jember yang Wajib Dikunjungi, Seger Abis!Desa Durian (instagram.com/alghazali_ahmad_)

Wisata Kampung Durian juga tercatat sebagai destinasi wisata baru yang harus anda kunjungi di Panti. Bagi Anda yang ingin menikmati durian di sini, datanglah pada bulan Februari hingga April setiap tahunnya. Jika beruntung, Anda bisa mencicipi durian di Bazaar Durian.

Daya tarik lain dari Kampung Durian adalah area berkemah dan aliran sungai yang jernih. Ada pemandian yang benar-benar aman untuk anak-anak. Anda bisa menggelar tikar ala piknik bersama teman dan keluarga, sambil menikmati suasana asri.

Lokasi: Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi salah satu destinasi wisata tersebut, Anda harus menempuh jarak sekitar 17 kilometer dari Alun-alun Jember.

Anda juga bisa menjelajahi beberapa destinasi wisata sekaligus di Panti, karena letaknya berdekatan satu sama lain. Bagaimana, apakah Anda pertama kali memikirkan ke mana harus melakukan perjalanan?

Baca juga : [QUIZ] Dari jenis perjalanan pilihan Anda, anggota AESPA ini cocok menjadi mitra perjalanan Anda

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button