Berita Wisata

200 pohon anggur laut ditanam di pantai Trisik dan pantai Glagah

Laporan reporter Jogja Tribune, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo menanam hingga 200 tanaman rambat laut di tepi Pantai Trisik dan Pantai Glagah pada Rabu (23/11/2022).

Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup BLH Kulon Progo, kata Tristijanti, penanaman pohon di pesisir merupakan upaya menjaga dan melestarikan kawasan pesisir.

Serta kesadaran masyarakat terkait pemulihan kerusakan sumber daya alam (SDA).

“Hari ini total ditanam 200 buah anggur laut. 100 buah ditanam di Pantai Trisik dan 100 buah di Pantai Glagah,” ujarnya usai penanaman di laguna dari Pantai Trisik, Kapanewon Galur.

Baca Juga: Sumber Air Terjun Kedung Pedut dari Gunung Kapur, Kulon Progo dan Purworejo

Menurutnya, pemilihan anggur laut berfungsi sebagai pelindung pantai dan mencegah bayi penyu diganggu predator.

Selain itu, Pantai Trisik merupakan tempat konservasi penyu di Kulon Progo.

“Ini juga bisa digunakan sebagai safety green belt terhadap abrasi,” ujarnya.

Penjabat Bupati (Pj) Kulon Progo, tambah Tri Saktiyana, penanaman pohon di kawasan pesisir ini sesuai dengan peraturan daerah (perda) Kulon Progo nomor 9 tahun 2015 tentang rencana induk pengembangan pariwisata daerah 2015-2025.

Dinyatakan bahwa arah pengembangan daya tarik wisata di Kulon Progo meliputi pengembangan upaya konservasi untuk menjaga kelestarian dan kelestarian sumber daya wisata.

Ia pun berharap, gerakan penanaman pohon ini dapat meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat untuk melestarikan kawasan pesisir. (Tribunejogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button