Berita Wisata

Buka KUPI II, Taj Yasin: perempuan harus berilmu dan memajukan negara

SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendukung peran perempuan dalam memajukan negara. Hal itu disampaikannya saat membuka Kongres ke-2 Peneliti Wanita Indonesia (KUPI) ke-2 tahun 2022, di Kampus III UIN Walisongo Semarang, Rabu (23/11/2022).

Wagub mengatakan, perempuan beragama harus memiliki ilmu dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Gus Yasin, demikian ia disapa, mencontohkan dari kisah Sayyidah Khadijah, istri pertama Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan bahwa Khadijah menikah dengan Muhammad SAW sebelum kenabiannya muncul. Hal itu dilakukan Khadijah karena sudah memiliki ilmu yang cukup.

“Jadi kalau saat ini Bu Nyai, para ulama, para perempuan, ingin menegaskan kembali bahwa perempuan ikut serta dalam peradaban, menyampaikan agama, itu wajar,” kata Gus Yasin, di depan ratusan ulama perempuan dan delegasi dari 31 negara.

Wagub mengaku sangat senang Jateng terpilih sebagai tempat konferensi para ulama dari 31 negara ini. Ia mengungkapkan event internasional ini sudah dijadwalkan sejak 2021 kemarin. Namun, karena pandemi Covid-19, acara tersebut harus ditunda.

Kepada delegasi dari 31 negara, Gus Yasin pun mengundang mereka untuk datang ke Jawa Tengah. Menurutnya, beberapa objek wisata dimaksudkan untuk menarik perhatian para wanita gerejawi dari luar negeri.

“Salah satunya adalah kota tua. Jangan bicara tentang kota tua, tapi tentang bagaimana peradaban di sana. Jika Anda pergi sedikit ke selatan, ada Alun-Alun Semarang. Toleransi di sana sangat kuat. Di belakang masjid, ada perkampungan Arab. Di sebelah kampung Arab ada Pecinan, lalu ada orang Jawa. Bersama-sama membangun peradaban, toleransi, khususnya di Semarang, dan itu layak jalan memutar,” jelasnya.

Direktur Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia Dwi Rubyanti Kholifah mengatakan KUPI II memiliki lebih dari seribu peserta. Mereka akan bertemu selama empat hari, untuk membahas peran perempuan dalam membentuk kebijakan yang melindungi perempuan.

“Peserta akan belajar tentang pengalaman Indonesia dalam membangun gerakan yang dipimpin oleh perempuan-perempuan religius,” kata Ruby.

Sebagai informasi, KUPI II akan diselenggarakan mulai tanggal 23 hingga 26 November 2022. Pembukaan KUPI akan berlangsung di Kampus III UIN Walisongo Semarang. Apalagi, kegiatan ini juga diselenggarakan di PP Hasyim Asy’ari Jepara pada 24-26 November 2022.

Delegasi asing dari Burundi, Kanada, Mesir, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Hongaria, India, Kenya, Indonesia, Malaysia, Maroko, Pakistan, Filipina, Suriah, Sri Lanka, Thailand, Belanda, Tunisia, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat. (Humas Jawa Tengah) *ul

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button