Berita Wisata

Bupati Tulungagung Hadiri Acara Launching Branding Pariwisata – Beritalima.com

TULUNGAGUNG, beritalima.com – Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menghadiri Acara Launching Branding Touring Kabupaten Tulungagung. Rabu, (23/11/2022).

Hadir dalam acara Forkopimda Kabupaten Tulungagung tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sekda Tulungagung, Asisten dan Staf Ahli, Kepala Dinas/perangkat daerah dan instansi vertikal serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, seperti diketahui, Kabupaten Tulungagung memiliki potensi wisata yang luar biasa. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, makanan khas hingga kerajinan tangan.

“Kekayaan alam kita menyuguhkan berbagai keindahan, mulai dari lautan, gunung, danau, tambang, bukit dan lembah yang kita semua miliki. Kita juga memiliki warisan sejarah dunia, sebagai tempat ditemukannya fosil manusia purba yaitu Homo Wajakensis. , sudah ditemukan,’ kata bupati.

Apalagi seni budaya tradisional tumbuh dan berkembang dengan baik, seiring dengan seni budaya kontemporer. Masakan khas Tulungagung, batik dan kerajinan tangan lainnya, kita semua punya.

Menurutnya, jumlah dan jenis potensi wisata yang disebutkan di atas memang luar biasa, namun ada satu hal yang selama ini belum dimiliki yaitu brand image atau merek dari potensi wisata tersebut.

Branding itu penting, agar aset wisata kita lebih mudah diingat dan lebih dikenal masyarakat luas. Tourism branding sendiri merupakan proses menciptakan keunikan atau keistimewaan yang dimiliki suatu destinasi wisata.

“Komunikasi kepada wisatawan atau investor dengan menggunakan nama, slogan, simbol, desain atau kombinasi dari media tersebut untuk menciptakan citra positif,” kata bupati.

Ia berharap dengan adanya branding pariwisata, pariwisata kita menonjol dari daerah lain, mampu memunculkan keistimewaan sehingga mudah dikenal dan diingat.

Tantangan utama, menciptakan brand image dalam menghadapi keberagaman dan kemajemukan seperti di Kabupaten Tulungagung.

“Dibutuhkan kerjasama dan ide dari berbagai pihak, agar Branding mampu menciptakan jiwa atau semangat yang melingkupi seluruh masyarakat dengan segala potensi dan dinamikanya,” harapnya.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam membangun Branding Pariwisata Kabupaten Tulungagung.

“Brand image pariwisata itu kemudian bisa dipasang di semua materi promosi, baik cetak maupun elektronik. Di spanduk atau umbul-umbul di kantor-kantor pemerintah dan swasta, di produk-produk UMKM, moda transportasi dan lain-lain,” kata bupati.

Ini menular, menanggapi fenomena hidrologi terkini yang antara lain menyebabkan banjir dan tanah longsor.

“Saya mengajak semua pihak, stakeholders untuk mendukung dan mewujudkan pariwisata di Kabupaten Tulungagung sebagai pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, melalui program pariwisata berkelanjutan, alam kita akan lebih terjaga, sistem reboisasi hutan lebih terintegrasi, pengelolaan sampah menuju zero waste, seni budaya tradisional tetap lestari, destinasi wisata lebih tertata, bersih, sehat dan bermanfaat pada tingkat sosial ekonomi jangka panjang.

“Dengan kerja sama yang baik antarsektor, saya berharap ini bisa kita capai dengan mudah,” pungkasnya. (Dll.).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button