Berita Wisata

Pantai Semmbuhan, permata tersembunyi di Paranggupito Wonogiri yang kondusif untuk penyembuhan – Solopos.com

Di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, terdapat sebuah pantai yang menyuguhkan pemandangan indah bernama Pantai Semurkan.

Kamis 24 November 2022 – 18:29 WIB


Penulis:
Mohammad Diky Praditia

Editor: Abdul Jalil | Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengunjung menikmati pemandangan di Pantai Semmbuh di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/11/2022). Pasir putih, deburan ombak dan gugusan bukit karst sangat indah. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pantai Semmbuhan di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri menawarkan pemandangan yang menggoda untuk dikunjungi. Bentang alam berupa Laut Jawa Selatan dan gugusan perbukitan karst menjadi kombinasi yang menarik untuk memanjakan mata.

Deburan ombak yang menghantam bebatuan pantai Semmbuh terdengar puluhan meter dari bibir pantai. Siang itu, Rabu (23/11/2022), cuaca mendung dan cerah menyelimuti salah satu pantai utama di Wonogiri. Air laut yang terlihat biru kehijauan berpadu dengan pasir putih pantai Semmbuh memang sulit ditemukan di tempat lain.

Saat itu, hanya sedikit orang yang menikmati sore hari di Pantai Semmbuh. Ada yang bermain pasir, ada pula yang memilih mendaki bukit karst tepat di atas bibir pantai. Mereka menikmati eksotisme pantai saat matahari terbenam di ufuk barat. Serius.

Solopos.com berbincang dengan pengunjung sore itu. Salah satu pengunjung Solo, Matthew Nico Henrikus, mengaku baru pertama kali mengunjungi pantai milik pemerintah Kabupaten Wonogiri ini. Sore itu dia datang bersama beberapa temannya.

“Cocok untuk sembuh, tepat di sebelah kanan. Sama sekali tidak menyesal datang jauh-jauh ke sini dan memiliki pemandangan seindah ini. Tak kalah indahnya dengan pantai-pantai Gunungkidul. Pantai ini layak untuk dikunjungi kembali. Hebat,” kata Niko.

Baca juga: Polisi menetapkan sopir minibus maut di Nguntoronadi Wonogiri sebagai tersangka

Dalam perjalanan menuju pantai selatan Wonogiri, Niko sempat khawatir. Ia takut pemandangan di Pantai Semmbuh tidak seindah yang ia harapkan dan yang ia lihat di berbagai media sosial. Pasalnya, ia kerap kecewa dengan foto-foto turis di berbagai jejaring sosial. Seringkali gambar diubah dan dibesar-besarkan agar terlihat lebih baik.

“Saya tahu pantai ini dari Instagram. Sebenarnya, saya ingin datang ke sini berkali-kali, tetapi hari ini saya melakukannya. Kebetulan hari libur. Apalagi pengunjungnya tidak terlalu banyak. Benar-benar bisa menghilangkan penat kerja,” ujar pria yang berprofesi sebagai jurnalis olahraga ini.

Pengunjung menikmati pemandangan Pantai Semmbuh di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/11/2022). Pasir putih, deburan ombak dan gugusan bukit karst sangat indah. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Pengunjung Karanganyar lainnya, Mufti Alimi, tak menyangka Wonogiri punya pantai seindah itu. Ia mengunjungi pantai Semmbuh karena diajak oleh temannya. Yang dia tahu, pantai dengan pemandangan perbukitan dan pasir putih hanya ada di Pacitan, Jawa Timur, dan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Itu pendapat saya permata tersembunyidari Wonogiri. Sangat baik. Sore ini saya sengaja meninggalkan Karanganyar karena ingin melihat sunset disini. Tapi sayang awannya cukup tebal, jadi kurang optimal kelihatannya,” kata Alimi.

Baca juga : Sejumlah gedung dibongkar, pembangunan WGM Wonogiri dimulai awal Desember 2022

Meski begitu, kata dia, sama sekali tidak mengurangi keindahan Pantai Semmbuh.

“Sepertinya masih di sini. Tapi sambil bawa tenda, kayaknya cocok buat kemping bareng temen-temen. Nice,” ujarnya.

Kepala Desa Paranggupito Dwi Hartono mengatakan selama pandemi Covid-19 pengunjung pantai Semmbuh mengalami penurunan. Namun, pengunjung kini mulai meningkat setelah pandemi mulai mereda, namun belum signifikan.

“Akses jalan mudah. ​​Semua jalan menuju pantai sudah diaspal halus, jadi pengunjung tidak perlu khawatir jika jalannya jelek,” kata Dwi.

Hanya untukmu

Inspiratif dan informatif

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button