Berita Wisata

4 Tempat Wisata Dekat Lokasi Musywil Muhammadiyah Ini Kunjungi Malioboronya Ponorogo | PWMU.CO

Massa di Jalan Hos Cokroaminoto Ponorogo pada malam hari (Instagram @Gigih_andy)

4 tempat wisata ini dekat dengan lokasi Musywil Muhammadiyah, kunjungi Malioboronya Ponorogo; Menutupi IsminiKontributor PWMU.CO Ponorogo.

PWMU.CO – Musyawarah Wilayah (Musywil) Muhammadiyah Jatim ke-16 akan digelar Sabtu hingga Minggu (24-25/12/2022) di Ponorogo, Jawa Timur.

Berdasarkan data yang dilansir dari laman resmi Musywil16jatim.id, akan ada 38 pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM), 1200 musyawirin dan 5000 penggembira yang siap menjadi tuan rumah acara tersebut.

Bagi para penggembira yang nantinya akan mengikuti kegiatan, tidak ada salahnya untuk berkeliling tempat wisata Ponorogo sebelum atau sesudah acara musywil.

Ponorogo memang terkenal dengan kesenian Reognya. Tapi banyak juga destinasi di Ponorogo yang tak kalah seru dengan kota lain: mulai dari wisata alam, sejarah, museum hingga wahana air.

Berikut tempat wisata terdekat lokasi Musywil Muhammadiyah 16 Jawa Timur di Ponorogo yang cocok untuk dikunjungi:

1. Jalan HOS Cokroaminoto alias Malioboro adalah Ponorogo

Sejak tahun 2021, tempat ini menjadi salah satu andalan wisata saat jalan-jalan malam.

Berbagai spot foto menarik berhias lampion warna-warni tersaji di sini. Yang paling unik adalah mercusuar berbentuk burung merak yang cukup tinggi. Selain itu, kita juga akan menemukan beberapa patung besar sebagai simbol bahwa Ponorogo adalah kota Reog.

Wajah Jalan HOS Cokroaminoto disulap menjadi destinasi wisata baru ala Malioboro Yogyakarta. Bedanya, jika Malioboro dikelilingi oleh penjaja cinderamata khas, maka di Ponorogo kedua sisi jalan dipenuhi oleh warung angkringan yang siap melepas dahaga para pemburu kuliner malam hari.

Siapa pun yang berkunjung bebas memilih tempat minum kopi bersantai di sana. Di dekatnya juga terdapat masjid yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki, yaitu Masjid Darul Hikmah atau bisa juga disebut Masjid Tinggi. Disebut demikian karena bangunannya cukup besar dan mampu menampung jemaah hingga 150 orang.

Tempat ini terkadang sering mengadakan berbagai acara menarik, salah satunya adalah pertunjukan reog di Grebeg Sura.

2. Alun-alun Ponorogo

Tempat ini juga menjadi destinasi menarik di Ponorogo. Banyak penduduk setempat mengunjunginya. Berbagai animasi disajikan di sini. Tak heran jika taman kota ini menjadi tujuan utama wisatawan, terutama untuk kunjungan malam hari ke Ponorogo.

Ornamen besar berupa patung singa berpadu dengan pohon-pohon tinggi yang tertata rapi menjadikan pesona tersendiri kawasan ini. Pada malam hari, deretan lampu warna-warni menambah keindahan area sekitar alun-alun.

Berada di jantung kota Ponorogo, alun-alun ini akan langsung menarik perhatian semua orang yang lewat. Meski banyak dikunjungi orang, namun untuk memasuki kawasan ini tidak dipungut biaya. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir. Selain itu, wisatawan juga akan membayar sejumlah uang untuk setiap wahana di sekitar tempat tersebut.

Kawasan alun-alun ini selalu buka 24 jam sehari, sehingga wisatawan bisa datang kapan saja. Namun waktu terbaik adalah pada malam hari sekitar pukul 19.00-22.00 WIB. Karena selama jam-jam tersebut akan ada banyak kesenangan dan permainan. Tak kalah menarik, wisatawan bisa mengitari tempat tersebut dengan menggunakan gerobak.

Editor PWMU.CO Mohammad Nurfatoni (kedua dari kiri) dan keluarganya menikmati Danau Ngebel, Ponorogo, Oktober 2022 (Aqil Rausanfikr Mohamamd/PWMU.CO)

3. Makam Bathoro Katong

Ponorogo tidak akan lepas dari nama Bathoro Katong. Beliau adalah pendiri kabupaten dengan kesenian reog yang khas ini. Nama aslinya adalah Lembu Kanigoro yang merupakan putra dari Brawijaya V. Ia dimakamkan di sebelah timur kota Ponorogo atau di kota tua.

Bathoro Katong adalah pendiri yang juga merupakan adipati pertama di kabupaten ini. Bathoro Katong adalah utusan dari Kesultanan Demak untuk menyebarkan Islam di Ponorogo.

Jika ingin berziarah ke makam pendiri Kabupaten Ponorogo, bisa langsung menuju Setono, Kecamatan Jangan, Kabupaten Ponorogo.

4. Danau Ngebel

Objek wisata Telaga Ngebel atau disebut juga Telaga Ngebel merupakan sebuah telaga alami yang terletak di kecamatan Ngebel. Merupakan objek wisata alam Kabupaten Ponorogo yang paling utama dibandingkan dengan objek wisata lainnya.

Telaga Ngebel terletak di lereng kaki Gunung Wilis dengan ketinggian telaga mencapai 734 mdpl. Danau Ngebel memiliki luas sekitar 5 kilometer dan jika ingin melihat keindahannya, Anda bisa menuju ke arah timur dari kota Ponorogo dengan jarak sekitar 30 kilometer.

Butuh waktu lama untuk sampai ke sana, tapi itu akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan. Spot pemandangan Danau Ngebel sangat indah, sejuk, masih sangat alami, dan banyak penjual durian murah saat musim durian.

Lokasi danau ini mudah dijangkau baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat karena kondisi jalan yang cukup baik. di area danau juga terdapat fasilitas seperti kapal cepatsepeda air dan perahu dengan biaya tambahan.

Nah itulah beberapa tempat wisata terdekat di kawasan Musywil Muhammadiyah 16 Jawa Timur.

Editor

Mohammad Nurfatoni

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button