Berita Wisata

5 Makanan Khas Gunungkidul yang Wajib Kamu Coba

KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini sedang menjalankan kampanye IniGunungkidul – The Ultimate Gem. Tujuannya, untuk meningkatkan daya tarik kawasan bagi wisatawan dan investor.

Kampanye tersebut harus dapat memaksimalkan eksposur ke berbagai destinasi wisata dan kuliner yang selama ini belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Ada lima makanan khas yang wajib dicoba oleh wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul. Apa pun? Simak ulasan berikut ini.

  1. Makanan laut (makanan laut)

Memiliki banyak destinasi wisata tepi laut, Gunungkidul menawarkan banyak pilihan makanan laut atau seafood makanan laut. Salah satunya, hidangan lobster di Pantai Timang dan Pantai Sepanjang.

Wisatawan bisa menyantap hidangan laut yang lezat sambil menikmati indahnya panorama pantai. Hal tersebut juga akan membuat wisatawan betah untuk menghabiskan waktu di sana.

  1. Gatot tiwoul

Makanan legendaris ini dulunya merupakan makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Namun gatot tiwul kini sudah menjadi makanan ringan sehari-hari dan sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan saat berkunjung.

Sebagai informasi, tiwul merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dikeringkan kemudian diubah menjadi tepung. Nah, tepung singkong inilah yang kemudian dikukus hingga menjadi tiwul.

Dengan tambahan gula merah yang meleleh, tiwul ini memiliki cita rasa yang unik dan nikmat.

  1. Walang goreng

Makanan unik ini terbuat dari belalang goreng. Di daerah lain, serangga ini dapat dianggap sebagai hama.

Namun, berkat keterampilan dan kreativitas manusia, serangga kaya protein ini telah disulap menjadi camilan khas yang rasanya asin, renyah, dan nikmat.

Walang goreng memiliki varian rasa yang berbeda, yaitu asin, manis, dan pedas. Wisatawan tidak akan kesulitan menemukan jajanan khas ini karena bisa ditemukan di rumah produksi, pedagang kaki lima, dan toko suvenir.

Dengan harga yang terjangkau, wisatawan bisa langsung menikmati walang goreng atau membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

  1. Bakmi Jawa Piyaman

Piyaman adalah sebuah desa di Gunungkidul yang mayoritas penduduknya menjual mie jawa. Inilah mengapa orang menyebut daerah ini Kampung Bakmi Jawa. Dengan cita rasa bakmi jawa yang khas dan menggoyang lidah, makanan ini tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

  1. Saus cabai hijau

Sajian khas yang sangat populer berikutnya adalah cabai hijau. Seperti namanya, sayur ini didominasi oleh cabai hijau yang dicampur irisan tempe, dimasak dengan santan dan bumbu lainnya.

Disajikan dengan nasi merah, daun pepaya panas, trancam, tahu bacem dan tempe, serta impal goreng, sayur cabai hijau adalah sajian lezat yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Satu porsi lengkap menu makanan khas ini bisa didapatkan di berbagai rumah makan di Gunungkidul.

Itulah lima makanan khas Gunungkidul yang wajib kamu coba. Pergi ke Gunugkidul dan nikmati pengalaman liburan yang sesungguhnya!

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button