Berita Wisata

11 tempat wisata anak di jakarta menurut rekomendasi KPAI, aman dan edukatif

TMII merupakan salah satu tempat wisata anak di Jakarta yang memenuhi semua kriteria wisata ramah anak. TMII merupakan tempat wisata anak di Jakarta yang dijamin aman, memiliki banyak wahana edukatif dan inspiratif, serta bebas dari kekerasan, pornografi, dan eksploitasi.

Selain itu, setelah diambil alih oleh pemerintah, TMII banyak berkembang dan lebih baik dari sebelumnya. Pengambilalihan dan pengelolaan tempat ini menyusul terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 19 tahun 2021 tentang pengelolaan TMII yang ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 31 Maret 2021.

Taman ini merupakan ringkasan budaya Indonesia yang mencakup 34 provinsi. Oleh karena itu, anjungan daerah menjadi salah satu daya tarik TMII. Anjungan dibangun secara tematis dan dibagi menjadi enam zona, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua. Setiap paviliun menampilkan rumah adat setempat.

Tidak hanya itu, TMII juga memiliki banyak museum yang tentunya sangat mendidik. Setidaknya ada 19 museum di kawasan TMII untuk memenuhi rasa ingin tahu dan berbagai pertanyaan tentang pengetahuan, kehidupan, sosial kemasyarakatan, budaya, peradaban, dan teknologi.

Ada Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Migas, Museum Informasi, Museum Perangko, Museum Peragaan IPTEK, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Olah Raga, Museum Pensiun Pertiwi.

Selain itu, Museum Militer Indonesia, Museum Pusaka, Museum Telekomunikasi, Museum Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal, Museum Asmat, Museum Timor Timur, Museum Hakka Indonesia, Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu, serta Museum Komodo Indonesia dan Taman Reptil.

Ada juga taman rekreasi yang diklasifikasikan sebagai taman monumental, taman flora, taman fauna, dan taman hiburan. Taman monumental termasuk Taman Registrasi APEC dan Monumen Persahabatan Non-Blok.

Taman Flora meliputi Taman Farmasi Hidup, Taman Melati, dan Taman Legenda Keong Emas. Taman satwa meliputi Taman Bekisar, Taman Burung, Taman Reptilia, Taman Kupu-Kupu, dan Dunia Air Tawar. Sedangkan taman hiburan dan sarana rekreasi antara lain Snowbay Water Park, Istana Anak Indonesia dan among Putro “Jagat Antariksa” SkyWorld.

Di TMII juga terdapat tempat ibadah agama-agama yang diakui di Indonesia, yaitu masjid, gereja, vihara, vihara, dan klenteng.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button