Berita Wisata

Air terjun kapas biru, keindahan alam yang tersembunyi di Lumajang

TEMPO.CO, Jakarta – Nama Air Terjun Kapas Biru mungkin belum seterkenal Air Terjun Tumpak Sewu. Namun air terjun yang juga berada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur ini memiliki keindahan yang bisa diadu.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Aliran airnya cukup besar di antara dua batu karang yang tinggi dengan hiasan kayu alami.

Air yang dilintasinya berasal dari sungai Lengkong dan Besukbang yang bermuara di kaki Gunung Semeru. Airnya sangat jernih dan bersih dengan warna kebiruan yang terlihat dari jauh di sepanjang sisi air terjun. Sisi-sisinya dihiasi dengan keindahan pepohonan.

Jika Anda tertarik dengan air terjun ini, berikut beberapa informasinya:

Lokasi Air Terjun Kapas Biru

Lokasi Air Terjun Kapas Biru berada di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jalan menuju Air Terjun Kapas Biru

Rute air terjun Kapas Biru dimulai dari Malang dan mengarahkan kendaraan ke Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo kemudian tiba di Ampelgading kemudian Pronojiwo hingga akhirnya tiba di Polsek Pronojiwo. Dari situ, wisatawan bisa mengikuti rambu-rambu jalan yang ada.

Perjalanan dari Malang sekitar 70 kilometer dan estimasi waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Bagi yang berangkat dari kota Lumajang jaraknya sekitar 50 kilometer dengan mengendarai kendaraan di jalan nasional Lumajang – Malang. Setelah 300 meter dari lapangan Pronoyivo, wisatawan akan menemukan spanduk di Blue Cotton Coban. Ikuti rambu-rambu yang akan membawa Anda ke tempat parkir.

Trekking Air Terjun Blue Cotton

Untuk menuju air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer dari tempat parkir. Jalur yang harus anda tempuh cukup terjal, dimana masih terdapat jalur berupa tanah akar.

Pertama kali masuk, pengunjung mengikuti jalan setapak dengan medan yang cukup terjal dan harus menuruni anak tangga dengan kemiringan hampir 90 derajat. Ada juga jalan yang sedikit menanjak.

Untuk mencapai kawasan air terjun, pengunjung harus melewati sungai yang cukup deras dengan bebatuan berserakan berbagai ukuran. Penyeberangan sungai ini unik meski batang pohonnya tidak terlalu besar. Pastikan memakai sepatu anti selip agar tidak terpeleset.

Jam buka air terjun Kapas Biru

Jam buka Air Terjun Kapas Biru buka setiap hari mulai pukul 05:00 hingga 16:00 WIB. Mengingat jalur pendakian cukup terjal dan penerangan yang kurang memadai, usahakan berangkat pagi hari agar waktu pulang dari Coban Kapas Biru tidak terlambat.

Pemasangan air terjun Kapas Biru

Di sekitar air terjun, pengunjung tidak akan menemukan fasilitas apapun. Sebab, memang lokasinya masih alami. Semua fasilitas yang tersedia berada di sekitar tempat parkir, seperti toilet, warung makan, dan mushola.

Kegiatan di Blue Cotton Waterfall

Sepanjang jalur pendakian menuju Air Terjun Kapas Biru, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona. Hujan dan keindahan tanaman serta udara segar bisa membuat Anda betah.

Saat tiba di lokasi air terjun, gemuruh airnya menyejukkan hati. Duduk-duduk di bebatuan di sekitar sungai saja sudah menyenangkan.

Jika ingin tahu lebih lanjut, pengunjung bisa bermain air. Namun tentunya Anda tidak bisa terlalu dekat dengan kawasan air terjun karena derasnya aliran air dari atas. Cukup celupkan kaki Anda ke dalam air dingin untuk menyegarkan diri.

Tips Wisata Air Terjun

Untuk menuju air terjun ini, pengunjung perlu melakukan treking atau berjalan kaki di udara terbuka. Oleh karena itu, beberapa persiapan diperlukan untuk membuat perjalanan menjadi lancar dan aman.

Pertama pastikan kondisi cuaca cerah, karena jika hujan maka jalur pendakian akan sangat licin. Sebaiknya gunakan sepatu yang tidak licin dan nyaman agar tidak terpeleset.

Bagusnya, pengunjung juga membawa makanan dan minuman secukupnya. Namun jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan area tersebut.

Destinasi wisata ini tidak cocok untuk anak-anak atau orang tua karena jalur pendakiannya cukup terjal. Pengunjung juga disarankan untuk datang pada pagi hari agar bisa menikmati keindahan air terjun lebih lama.

Tiket Air Terjun Cotton Blue

Tiket yang harus dibayar untuk menikmati keindahan Air Terjun Kapas Biru sekitar Rp 5.000 per orang. Dengan harga tersebut, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam yang menyegarkan pikiran.

GOR JENIATI ARTAULI

Baca juga : Menikmati keindahan Air Terjun Cikaracak Kabupaten Bogor memberikan fisik yang kuat untuk trekking dan camping

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button