Berita Wisata

Taka Makassar, sebongkah pulau yang hilang muncul di Taman Nasional Komodo

Mangarai Barat

Rasanya menikmati destinasi wisata di Taman Nasional Komodo belum lengkap jika tidak mampir ke Taka Makassar, sepenggal pulau hilang yang muncul di sana. Pulau seukuran lapangan sepak bola di Taman Nasional Komodo ini hanya terlihat saat air surut.

Saat air laut surut, pulau ini tampak seperti hamparan pasir putih yang dikelilingi laut biru.

“Hilang bersama arus,” kata Roberto San, pemandu wisata di Labuan Bajo, Kamis (24/11/2022).

Nama Taka Makassar berasal dari Taka yang berarti dangkal, dan Makassar mengacu pada orang Bugis yang pertama kali menemukan pulau tersebut.

Taka Makassar merupakan salah satu tempat wisata yang sangat disayangkan jika wisatawan melewatkannya saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Taka Makassar merupakan salah satu spot terbaik di Taman Nasional Komodo untuk aktivitas diving dan snorkeling, dengan pemandangan bawah laut yang indah berupa terumbu karang dan keanekaragaman biota laut.

“Bagus untuk foto drone di sana dan bisa snorkeling juga,” kata Robert.

Rute terbaik dan waktu berkunjung

Taka MakassarFoto oleh Taka Makassar: (Idatahmidah/d’Traveler)

Untuk menuju Taka Makassar, dari bandara Komodo Anda bisa langsung menuju dermaga Labuan Bajo. Penyeberangan dari dermaga ke Taka Makassar memakan waktu sekitar 3-4 jam.

Wisatawan akan terlebih dahulu menaiki kapal pesiar yang akan parkir di laut lepas, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menaiki perahu kecil.

Waktu terbaik untuk berlibur di Taka Makassar adalah pada siang hingga sore hari sekitar pukul 13.00-15.00 WITA. Jangan datang terlambat karena Taka Makassar biasanya menghilang saat air mulai pasang.

Tiket masuk

pulau komodo pakTerumbu karang di Taka Makassar. Foto: (Pradikta Kusuma/D’Traveler)

Tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini adalah Rp 5.000 untuk wisatawan domestik pada hari kerja dan Rp 7.500 pada hari libur. Untuk turis asing Rp 150.000 pada hari kerja dan Rp 250.000 pada hari libur nasional.

Tiket ini berlaku untuk mengunjungi semua destinasi wisata di Taman Nasional Komodo. Ada biaya lain yang harus dikeluarkan, seperti menyelam (scuba diving) Rp 25.000; Snorkeling Rp 15.000; Kano atau kano Rp 25.000; selancar Rp25.000; dan lain-lain.

Simak Video “Tarif Rp 3,75 Juta di Pulau Komodo Akhirnya Ditunda Pasca Protes”
[Gambas:Video 20detik]
(atau / hsa)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button