Berita Wisata

Kesepakatan antara Jawa Timur dan Mesir tentang kerjasama bisnis di bidang pendidikan dan pariwisata

IHRAM.CO.ID, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Alexandria Mohamed Taher El-Sherif telah menandatangani Letter of Intent (LOI) atau Letter of Intent kerjasama di tiga bidang prioritas. Yaitu perdagangan dan investasi, pariwisata dan pendidikan. Khofifah mengatakan penandatanganan letter of intent merupakan awal dari sejarah baru kerjasama antara Indonesia dan Mesir, khususnya Jawa Timur dan Alexandria.

“Alhamdulillah, kami sedang menulis cerita baru. Bersama gubernur Alexandria, kami telah menandatangani letter of intent kerjasama di tiga sektor prioritas, yaitu perdagangan dan investasi, pariwisata dan pendidikan,” ujar Khofifah dalam siaran tertulisnya. , Kamis (24/11/2022).

Khofifah percaya bahwa setelah penandatanganan Letter of Intent, kerjasama lebih lanjut dapat terjalin antara Jawa Timur dan Alexandria di masa mendatang. Di bidang perdagangan, kata Khofifah, kedua kawasan memiliki potensi yang besar untuk dapat saling berjejaring dan bersilaturahmi. Seperti diketahui, Mesir tidak menanam kopi, namun tradisi minum kopi di Mesir cukup tinggi.

“Sementara Jawa Timur memiliki produk perkebunan unggulan, termasuk kopi,” ujarnya.

Begitu pula dengan sektor furnitur, dimana Mesir membutuhkan komoditas ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan. Sedangkan Jawa Timur memiliki pabrik mebel terbesar di Indonesia. Menurutnya, potensi ekspor mebel dari Jatim ke Mesir sangat potensial. Begitu juga dengan ikan, udang, rempah-rempah, cerutu dan lain-lain yang sedang berjalan.

“Saya kira masih banyak potensi pengembangan bisnis di setiap daerah. Selain itu, Alexandria merupakan provinsi besar dengan pelabuhan terbesar di Mesir dan terhubung dengan negara-negara di Afrika, Timur Tengah, Amerika, dan Eropa,” kata Khofifah. .

Di bidang pariwisata, kata Khofifah, potensi wisata religi merupakan salah satu kesamaan di antara kedua daerah tersebut. Tercatat 160.000 jemaah umrah di Jawa Timur berpotensi menambah paket wisata religi Mesir. Alexandria, katanya, adalah salah satu saksi paling terkenal di dunia peradaban Mesir kuno.

“Sementara Jawa Timur merupakan salah satu kawasan sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Bukan tidak mungkin keduanya bisa tumbuh bersama menjadi wisata religi kelas dunia. Jawa Timur juga memiliki pesona yang luar biasa. wisata alam yang indah,” katanya.

Selain perdagangan dan pariwisata, sektor pendidikan menjadi prioritas bagi kedua daerah tersebut. Aleksandria, juga dikenal sebagai Aleksandria, adalah pusat pendidikan dan budaya dunia Mediterania kuno selama sebagian besar periode Helenistik dan Antikuitas Akhir. Alexandria juga dikenal sebagai perpustakaan terbesar di dunia, yang memuat karya-karya penting para cendekiawan Islam terkemuka dan menjadi magnet untuk mempelajari lebih jauh sejarah Islam di negara tersebut.

Khofifah menyerukan agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi, penggerak pariwisata, akademisi dan penggiat pendidikan. “Inilah saatnya Jawa Timur mampu menunjukkan diri kepada dunia internasional melalui berbagai sektor keunggulan kompetitif dan komparatif di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata dan pendidikan,” tandasnya.

Gubernur Alexandria Mohamed Taher El-Sherif menyatakan optimismenya terhadap kerjasama antara Jawa Timur dan Alexandria. Ia menjelaskan bahwa Mesir merupakan pusat peradaban dunia dan Alexandria menjadi saksi perkembangan peradaban Mesir kuno. “Silahkan kunjungi Alexandria dan nikmati segala keindahannya,” ujarnya.

Mohamed Taher El-Sherif melanjutkan, Alexandria memiliki perpustakaan tertua di dunia. Mereka menginginkan adanya pertukaran naskah-naskah kuno dari para sarjana Indonesia, khususnya dari Jawa Timur, agar juga dapat dikenalkan ke dunia global.

“Turot kuno dan manuskrip para sarjana Indonesia sangat berharga karena sampai saat ini perannya dalam dunia keilmuan sangat penting. Sehingga sangat strategis dilakukan pertukaran naskah kuno dan turot dari sarjana Indonesia dan Jawa Timur,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button