Berita Wisata

Bupati Deli Serdang pantau Banjir Rob di Pantai Labu

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, saat melakukan penyelidikan di Desa Regemuk.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air, Jalan Raya dan Konstruksi (SDAMBBK), Janso Sipahutar, Kepala Biro Perumahan dan Permukiman (Perkim), Heriyansah Siregar, Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Sahrul dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , Rabu (23/11/2022) dilakukan peninjauan air pasang atau rob di desa Regemuk kecamatan Pantai Labu.

Banjir rob yang terjadi pada Rabu (23/11/2022) sekitar pukul 03.00 WIB merusak beberapa unit perahu nelayan dan rumah warga, Bupati mengimbau dengan turun langsung ke lokasi kejadian.

Camat Pantai Labu Rahmad Azahar Siregar menjelaskan, banjir rob terjadi selama 2 hari di perairan pantai Labu termasuk desa Regemuk.

“Kejadian terparah adalah saat sebagian besar rumah warga terendam banjir, bahkan ada yang rusak akibat banjir. Kapal nelayan juga rusak. Menurut informasi warga sekitar, kemungkinan hal ini akan terulang lagi,” jelasnya.

Pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimcam) terus berupaya memantau dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Setelah melihat kejadian tersebut, Ashari Tambunan menelepon kembali dan berpesan kepada Forkompimcam Pantai Labu. Menurutnya, sebagaimana pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat yang terkena dampak bencana.

“Menjamin ketersediaan obat-obatan (pelayanan kesehatan), pangan, air minum dan keamanan. Karena itu sangat diperlukan saat terjadi bencana,” ujarnya.

Kedua, bupati menambahkan jika dalam keadaan darurat, ia menyelamatkan warga di tempat yang jauh dari air dan membangun tenda atau shelter sementara.

“Inventarisasi apa yang menyebabkan banjir tersebut hingga bisa merusak rumah warga dan lainnya, jika ada tanggul yang jebol. Nantinya, agar banjir rob ini tidak lagi merusak rumah warga, dinas terkait untuk selanjutnya tahun akan tetap menganggarkan pembangunan tembok penahan ombak. Ini agar warga, khususnya nelayan, bisa nyaman,” katanya.-tegasnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ps Kapolsek Pantai Labu, Ipda Tumpal Sitorus, Kamla Pantai Labu, Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Harton Manurung dan Kepala Desa (Kades) Regemuk, Mulyadi AMF. (Idris)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button