Berita Wisata

Hotel, Tempat Hiburan dan Pariwisata Wajib Memiliki Sertifikat CHSE – Sumsel Update

Palembang, sumselupdate.com – Dinas Pariwisata Kota Palembang mewajibkan pengelola di bidang hiburan memiliki sertifikat Clean, Health, Safety and Environment (CHSE).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin mengatakan, sertifikat tersebut penting digunakan untuk pelaksanaan peningkatan keamanan dan kenyamanan pengunjung sesuai standar.

“Sesuai dengan instruksi pemerintah pusat, tempat wisata, hiburan, hotel dan restoran serta industri pariwisata lainnya harus memiliki sertifikat CHSE,” ujarnya, Selasa (20/92022).

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel juga menyatakan bersedia membantu pengelola venue mempersiapkan persyaratan administrasi pendaftaran CHSE.

Menurut Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumsel, Herlan Aspiudin, masih banyak pelaku komersial di sektor hiburan yang belum memiliki sertifikat CHSE. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pelaksanaan CHSE, pihaknya rutin melakukan pembinaan dan sosialisasi.

“Saat ini baru sebagian industri pariwisata yang memiliki CHSE dan GIPI Sumsel yang berusaha mendorong mereka (pelaku industri hiburan) secara rutin untuk segera mendaftar CHSE,” ujarnya.

Sertifikat CHSE merupakan elemen penting dalam pengembangan industri pariwisata, karena standar pariwisata dan indikator masyarakat untuk datang ke tempat wisata dan hiburan terlihat jika tempat tersebut sudah memiliki sertifikat CHSE.

“Untuk mendorong pengelola hotel misalnya, kami menghimbau pentingnya memiliki sertifikat CHSE untuk apa dan pelaku industri harus terlebih dahulu memiliki tanda daftar usaha pariwisata ( TDUP),” ujarnya.

Dikatakannya, selain mendorong kepemilikan sertifikat CHSE, GIPI Sumsel juga mendorong pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terus menjalankan bisnis dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) di industri pariwisata.

“Protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak fisik harus diterapkan secara disiplin karena ini merupakan cara yang cukup efektif untuk mencegah penularan antar pengunjung,” ujarnya. (Ya)

Mari sebarkan berita ini…

Source: sumselupdate.com

Related Articles

Back to top button