Berita Wisata

Kunjungan wisatawan meningkat, Kaltim siapkan paket wisata IKN

KOMPAS.com – Dinas Pariwisata Kaltim sedang menyiapkan paket wisata baru seiring jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut yang mulai meningkat, sekaligus mengakomodir pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke IKN Nusantara.

Salah satu tempat yang menarik adalah ground zero IKN Nusantara, menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kaltim, Restiawan Baihaqi.

Baca juga :

“Titik nol (IKN) nusantara saat ini bukan menjadi daya tarik wisata, melainkan magnet bagi wisatawan, sehingga menjadi potensi besar bagi daerah sekitar untuk memperoleh dampak kunjungan,” kata Baihaqi, dikutip dari Di antaraKamis (24/11/2022).

Pada Mei 2022 tercatat hingga 18.000 pengunjung di ground zero IKN Nusantara dalam delapan hari.

Meski saat ini venue sedang ditutup untuk pembangunan IKN, angka kunjungan seharusnya kembali tinggi saat dibuka kembali nanti.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Sekitar Istana Negara di Kalimantan Timur

“Inilah yang menjadi dorongan bagi Kaltim dan kabupaten/kota untuk menjual paket wisatanya, karena beberapa objek wisata pendukung sudah ada, maka kita dan para pemangku kepentingan pariwisata tinggal mengemas paket dan konektivitasnya,” jelasnya.

Tempat-Tempat yang Termasuk dalam Paket Wisata IKN Nusantara

Bagi pengunjung Samarinda dan sekitarnya, lanjut Baihaqi, nantinya bisa mengikuti paket wisata antara lain Taman Bengkirai, Goa Tapak Raja, IKN dan sekitarnya.

Mereka juga bisa pergi ke sejumlah tempat di Penajam dan dilanjutkan ke Balikpapan.

Sedangkan pengunjung Balikpapan dapat mengikuti paket wisata dengan rute sebaliknya atau sesuai minat. Hal ini karena fokus utamanya adalah IKN.

Baca juga :

“Objek wisata di sekitar IKN akan banyak berkembang pesat, seperti Goa Tapak Raja di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku,” kata Baihaqi.

Menurutnya, goa tersebut merupakan tempat wisata alam di dekat IKN yang siap dan sering dikunjungi wisatawan dan pegawai pemerintahan.

Baca juga: Intip Fasilitas Kamp Jokowi di IKN, Ada Kamar Mandi Showernya

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button