Berita Wisata

FGD Penyusunan Master Plan Smart City Kabupaten Bener Meriah Tahap III Ditutup

Jumat, 25 November 2022 | 08:57 WIB

| Penulis:

Penerbit: Kusnadi

Senang sekali, InfoPublik – Kepala Divisi Layanan e-Government Hendri Dermawan menutup acara FGD pengembangan masterplan smart city Kabupaten Bener Meriah Tahap III, di Hotel Al Fattah, Kamis (24/11/2022).

Dalam sambutannya, Hendri Dermawan menyampaikan bahwa hal pertama yang harus dilakukan untuk memajukan suatu daerah yang perlu diprioritaskan adalah smart government.

“Dari sekian banyak praktik smart city, implementasi smart government yang paling berhasil terlihat pada sistem elektronik berbasis pelayanan (SPBE),” ujar Hendri.

Menurut Hendri, 72% penduduk Indonesia sudah go digital yang sangat kondusif bagi kemajuan setiap daerah.

Membangun smart city tidak harus dengan budget yang besar, yang terpenting adalah kemudahan, mudah dan dapat diakses secara online oleh siapa saja.

“Masyarakat sendiri juga dapat berperan dengan memberikan informasi penting tentang potensi daerah menggunakan media sosial atau Google Maps, misalnya dengan menunjukkan tempat wisata atau tempat kuliner baru, yang memungkinkan wisatawan menemukan lebih banyak tempat untuk dikunjungi dengan mudah,” tambah Hendri.

Hendri menambahkan, untuk menjadi pemerintahan yang cerdas dan baik, ada tiga hal, pertama harus informatif, artinya pemerintah mampu menyampaikan informasi kepada masyarakat dan hal itu dapat dilakukan melalui saluran komunikasi. pemerintah.

“Karena setiap badan publik wajib menyampaikan semua informasi yang diperlukan kepada publik,” kata Hendri.

Kedua transparan, segala sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah baik menggunakan anggaran maupun dana publik harus diungkapkan kepada publik, tidak ada yang disembunyikan menurut UUD nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Ketiga, responsive, pemerintah harus tanggap terhadap pengaduan dan pengaduan masyarakat tentang kondisi yang dialami masyarakat, misalnya masalah kesehatan atau terkait informasi lainnya. (mc)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button